Perangi Jerawat Yuk dengan Tips Ini

by
November 13th, 2014 at 10:26 am

CiriCara.com – Jerawat yang muncul di kulit wajah kerap kali memusingkan kita. Bagaimana tidak, jerawat akan mengganggu penampilan dan kecantikan para wanita. Sebenarnya, semakin dewasa hal ini akan perlahan-lahan menghilang, namun ada sebagian orang yang berjerawat di umur 40 ataupun 50an. Meskipun jerawat tidak menular, tetap saja penanganan dan pencegahannya harus tepat. Untuk mencegah datangnya jerawat, Anda harus tahu dulu bagaimana jerawat tersebut terbentuk.

wajah berjerawatKulit itu sangatlah hidup. Kuman dan bakteri biasanya tumbuh subur di permukaan kulit. Bakteri-bakteri ini sama sekali tak berbahaya selama kulit tetap utuh. Horman androgen bertanggung jawab atas aktivitas kelenjar sebaceous yang ditemukan di dalam pori-pori kulitmu.

Kadar androgren yang tinggi akan mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi zat bernama sebum. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori, dan dapat meningkatkan bakteri Propionibacterium acne. Bakteri acne ini hidup dari sebum yang menyebabkan pecahnya dinding pori-pori tersumbat dan memicu kemerah-merahan dan pembengkakan yang biasanya terlihat pada jerawat.

Bentuk umum jerawat berupa komedo hitam dan komedo putih. Meskipun mereka tidak tampak memerah dan menonjol seperti jerawat, tetap saja sama-sama membutuhkan perawatan. Komedo putih terbentuk dengan pori-pori tertutup, sementara komedo hitam merupakan sumbatan yang terlihat kotor yang menyumbat pori-pori terbuka.

Untuk mencegah jerawat di kulit wajah, catet nih tips singkat berikut ini:

1. Cuci tangan sesering mungkin. Tangan kita membawa banyak bakteri. Jauhkan tangan dari wajah sebelum mencuci tangan.
2. Tahan diri dari menyentuh atau menggaruk wajah, karena hal ini mungkin menyebabkan pecahan kecil di permukaan kulit yang memicu infeksi kulit.
3. Cuci wajah dengan sabun lembut dan ringan. Rajinlah mencuci wajah sebelum tidur.
4. Baca label sabun pembersih wajah Anda. Gunakan sabun cuci muka hipoalergenik dan nonkomedogenik, keduanya cenderung tidak menyebabkan komedo hitam dan putih.

Jangan percaya juga dengan anggapan cokelat adalah penyebab jerawat, karena itu hanyalah mitos saja. Begitu pula dengan jerawat yang hanya mempengaruhi kaum muda saja, karena orang dewasa pun bisa terkena jerawat.

Comment di sini