Misteri Dibalik Pedasnya Si Merah Lombok

by
November 14th, 2014 at 8:24 am

CiriCara.com – Berbicara mengenai cabai atau yang sering disebut dengan Lombok oleh masyarakat Jawa Timur ini pastinya identik dengan rasa pedas, keringat bercucuran, hidung meler, hingga perut mulas. Guys, do you know? Dibalik rasa pedas dari tanaman perdu ini ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh kita.

lombok/cabai

Lombok atau cabai – Ist

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dokter Khursheed Jeejeebhoy, dokter spesialis penyakit dalam dari University of Toronto, buah yang sering digunakan oleh para ibu-ibu pelengkap masakan ini mampu mengurangi resiko kanker. Oleh karena itu, sang dokter menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan secara teratur agar kualitas kesehtan tubuh dapat meningkat.

Hal itu juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris bahwa kandungan Capsaicin yang menimbulkan rasa pedas pada cabai dan Lasparaginase ini mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Jadi sangat wajar jika masyarakat yang gemar mengkonsumi makanan pedas lebih sedikit terjangkit kanker daripada yang tidak.

Cabai merupakan buah yang dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, bergantung pada kegunaannya. Tumbuhan yang termasuk dalam genus capsicum ini juga termasuk tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun tinggi. Cabai atau dalam bahasa philipina disebut degan Siling Haba ini selain mengandung Capcaicin dan Lasparaginase juga mengandung vitamin A dan C, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasatin, kriptosantin, clan lutein.

Selain itu, juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin. Zat aktif kapsaisin berkhasiat sebagai stimulan. Seperti yang dijelaskan diatas jika mengkonsumsi cabai terlalu banyak dapat mengakibatkan rsa terbakar di mulut dan keluarnya air mata. Hal ini karena didalam cabai terdapat zat kapsaisin itu tadi guys. So, boleh makan pedes pedes tapi ingat jangan berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak baik bukan?

Buah yang dipercaya sebagai peningkat nafsu makan (stomakik), peluruh keringan dan perangasang kulit serta obat gosok ini ternyata memiliki manfaat lain seperti mengobati rematik, mengobati bisul, sebagai antibiotik alami, menghilangkan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi, kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi infetilitas, afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan. Nah lo, ternyata banyak juga ya guys manfaat buah pedes ini?

Oya guys, selain buahnya daun cabai juga bermanfaat sebagai obat sakit perut dan bisul lo, heemm, hebat benar si merah nan aduhai ini. Ternyata dibalik rasa pedasnya tersimpan misteri yang dasyat juga ya guys. Ok. Semoga bermanfaat info tentang misteri dibalik pedasnya si cabai ini. Salam sehat.

Comment di sini