5 Cara Cepat Menyelesaikan Konflik dalam Pacaran

by
November 17th, 2014 at 8:59 am

CiriCara.com – Hal paling menyenangkan buat anak muda sehabis galau adalah punya pacar baru. Tapi jangan seneng dulu, punya pacar baru berarti harus siap juga beradaptasi dengan sifat dan kebiasaan pacar baru kamu. Kalau tidak bisa beradaptasi, bisa jadi hubungan kamu yang baru berumur jagung akan kandas kembali karena konflik yang bermula dari keegoan masing-masing individu.

berselisih dengan pacar

Mengkritik pacar – Ist

Memang sih, yang namanya konflik dalam hubungan biasa terjadi dan dapat mendewasakan masing-masing individu. Tapi jika tidak diselesaikan, akan membuat hubungan semakin berantakan. Jangan khawatir, beberapa ahli psikologi sudah memberikan tips untuk pasangan-pasangan baru agar dapat menyelesaikan konflik dalam hubungan:

1. Stop untuk mengadili

Jangan pernah memulai dan memperparah konflik dengan kata-kata “Orang seperti kamu bisa bikin acaraku sama temen-temenku malam ini gagal”.

2. Tidak mabuk atau dipengaruhi alkohol

Jangan menyelesaikan konflik saat mabuk atau sesudah mengkonsumsi minuman beralkohol. Dan hindari konflik ketika tahu pacar kamu sedang dipengaruhi alkohol.

3. Spesifik

Kemukakan permintaan kamu dalam 10 kata atau kurang. Semakin sedikit kata-kata, semakin baik kemungkinan pesan diterima. Contohnya seperti ini “Aku ngerasa nggak berharga ketika kamu terus-terusan mengkritik aku. Tolong jangan lakukan itu”. Hindari membicarakan masalah atau konflik dengan berbelit-belit.

4. Jangan mencari pembenaran

Jangan katakan “Mengkritik aku tuh bikin aku keliatan bodoh di mata orang lain”. Karena kalimat itu akan memperparah keadaan dengan jawaban dari pasangan “Kamu emang selalu begitu, selalu mencemaskan yang dipikirkan orang lain, orang lain belum tentu memikirkan seperti itu”. Setiap kata di luar kebutuhan yang diungkapkan dapat dan akan digunakan sebagai boomerang. Jadi hindari kalimat-kalimat untuk mencari pembenaran.

5. Siap mengubah topik

Ini menunjukkan topik konflik ditutup, dan berganti ke perbicangan lainnya yang dapat menyatukan hubungan lagi. Katakan hal-hal yang menarik dengan jeda. Contohnya “Jadi, kita akan nonton film apa nih nanti malam?”

Coba praktekan kelima tips tersebut untuk menghindari pertengkaran dalam hubungan. Konflik dalam hubungan memang bisa menjadikan lebih dewasa, tapi penyelesaiannya juga harus dengan hati yang lapang dan cara yang tepat.

Comment di sini