Bahaya Satu Mobil dengan Perokok

by
November 17th, 2014 at 10:12 am

CiriCara.com – Hampir semua orang sudah tahu bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bagi si perokok itu sendiri, asap rokok pun bisa mengancam kesehatan orang lain yang tidak merokok tapi ikut menghirup asapnya.

merokok di mobil

Ist

Saat ini, tempat umum yang paling rawan asap rokok adalah angkutan umum seperti angkot, bus, atau pun kereta. Bagi Anda yang biasa menggunakan angkutan umum tanpa AC (kelas ekonomi) tentu pemandangan orang merokok di dalam kendaraan sudah jadi hal biasa.

Mungkin Anda selama ini menganggap hal itu sebagai hal yang biasa terjadi. Namun dalam penelitian terbaru yang dilansir Daily Mail, menyebutkan bahwa berada di dalam satu mobil dengan perokok itu sangat berbahaya.

Berada di dalam ruangan atau di dalam mobil yang penuh dengan asap rokok selama 1 jam saja bisa menyebabkan Anda terkena berbagai macam penyakit kronis,” kata Netal Benowitz, seorang peneliti dari University of California.

Menurut Benowitz, bahan kimia yang terkandung di asap rokok itu sangat beracun dan mematikan. Di antaranya adalah bahan kimia bernama butadiena, akrilonitril, benzena, dan etilen oksida.

Penelitian ini sebelumnya menganilisis 14 orag yang tidak merokok dan duduk di belakang pengemudi yang merokok. Dalam 1 jam, pengemudi ini merokok 3 batang rokok. Dan pada saat dilakukan tes urin, hasilnya ditemukan banyak senyawa kimia di dalam urin penumpang.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penumpang yang tidak merokok itu jadi lebih berisiko terkena tiga macam penyakit berbahaya, hanya karena berada di dalam satu mobil dengan perokok.

- Kanker
- Penyakit Jantung
- Penyakit pernapasan

Untuk itu, penting bagi Anda memiliki keberanian untuk menegur supir atau penumpang lain yang merokok di dalam kendaraan. Karena bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, asap rokok juga bisa mengganggu kondisi kesehatan.

Jika memang tidak berani menegur, Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan masker. Setidaknya dengan bantuan masker ini Anda telah meminimalisir bahaya dari asap rokok di dalam kendaraan.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini