Hati-Hati! Ada Kereta Lewat Tengah Jalan di Kota Solo

by
November 17th, 2014 at 11:50 am

CiriCara.com – Jangan kaget kalau Anda sedang berada di koto Solo tiba-tiba saja melihat kereta api yang nyelonong masuk ke jalur lalu lintas kendaraan. Kereta api tersebut bernama “Sepur Kluthuk Jaladara”, kereta api wisata yang mempunyai lintasan di pinggir jalan utama di kota Solo.

kereta wisata solo

Kereta uap di Solo – JIBI Photo

Kereta ini merupakan satu-satunya kereta uap antik yang masih aktif dan dimanfaatkan untuk kereta wisata. Bahan bakar kereta ini adalah kayu dan tenaga penggerak uap, kereta seperti ini memang sudah sangat langka di Indonesia.

Kereta yang mempunyai nama lain Steam Loco ini dibuat tahun 1896. Kereta yang telah dimuseumkan sejak 1920 di Stasiun Ambarawa dioperasikan kembali pada tanggal 27 September 2009 silam. Pemerintah Kota Solo memang sengaja menyewa dengan system kontrak terhadap PT Kereta Api Indonesia untuk memajukan wisata di wilayahnya. Kereta ini tidak beroperasi setiap hari, hanya berjalan tiap hari libur, weekend dan long weekend saja.

Kereta dengan dua gerbong Cr 16 dan Cr 144 dengan nomor kereta C 1218 menempuh rute sepanjang 5 kilometer dari stasiun Purwosari menuju stasiun Sangkrah. Selain itu, kereta ini akan membawa wisatawan untuk singgah pada beberapa tempat di Solo. Diantaranya Loji Gandrung, Kampung Batik Kaoeman, Galabo, Pasar Pon, Museum Radi Pustaka, Museum Batik Danar Hadi, dan lain-lain.

Di dalam kereta uap ini juga ada suguhan musik tradisional dan serta ada penjual makanan Cambuk Rambak, yaitu makanan berisi ketupat, bumbu kacang dan karak yang terbuat dari tepung wijen. Kalau wisatawan haus, bisa mencoba jamu tradisional khas Solo yang dijajakan di dalam kereta tersebut.

Untuk dapat beroperasi, sepur kluthuk Jaladara ini membutuhkan sekitar tiga kubik bahan baku kayu jati. Maka tak heran jika tarif untuk menumpangi kereta wisata ini cukup merogoh kantong. Anda dan rombongan yang berminat keliling kota Solo dengan menggunakan kereta ini harus menyiapkan dana sekitar 3.5 juta untuk satu paket perjalanan pulang pergi. Harga satu paket perjalanan kereta dipatok dengan harga Rp. 3,5 juta. Paket tersebut sudah termasuk perjalanan pulang pergi. Atau bagi yang ber-KTP Solo akan dikenai biaya Rp. 50.000 dan KTP non-Solo Rp. 100.000,- per orang. Tiket dibeli di stasiun Purwosari.

Comment di sini