Cara Mencegah Flu di Musim Penghujan

by
November 18th, 2014 at 11:59 am

CiriCara.com – Sejumlah wilayah di Indonesia nampaknya sudah mulai masuk ke musim penghujan. Dalam kurun waktu seminggu ini intensitas hujan memang masih tergolong kecil hingga sedang. Namun Anda tetap harus waspada mulai dari sekarang.

mencegah flu

Flu – Ist

Anda harus menjaga kondisi kesehatan tubuh. Jangan sampai Anda terserang bakteri atau virus yang menyebabkan flu. Karena pada musim penghujan ini lah virus-virus penyakit dapat berkembang biak dan tentunya akan mengancam kesehatan.

Tidak mau aktivitas Anda terganggu karena penyakit flu? Mungkin Anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

1. Tidur yang cukup

Jangan terlalu sering begadang, tidur yang cukup. Minimal tidur selama 7-8 jam per hari. Dengan istrirahat yang cukup, maka kekebalan tubuh Anda akan tetap kuat sehingga tidak akan ada virus flu yang mampu menembusnya.

2. Olahraga rutin

Dengan melakukan olahraga, tubuh Anda akan berkeringat. Dan berkeringat adalah cara yang baik untuk mencegah tubuh terkena virus flu saat musim penghujan. Selain itu, olahraga juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat.

3. Minum teh herbal

Jika telanjur kehujanan, Anda bisa minum teh herbal dari campuran teh, lemon, dan madu. Minuman ini berguna untuk menghangatkan badan setelah kehujanan. Tidak hanya itu, kandungan yang terdapat pada madu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Minum jus

Jus berguna untuk membuang racun dari sistem kelenjar getah bening sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Meminum jus yang mengandung vitamin C juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit saat musim hujan.

5. Makanan berprotein

Sebelum terserang flu, Anda harus menkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Dimana protein ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terserang virus.

Selain melakukan kelima cara di atas, Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan lainnya. Diantaranya, selalu cuci tangan sebelum makan dan hindari mengusap muka atau hidung sebelum cuci tangan.

(YG)

Comment di sini