Harga BBM Naik, Ini Tips Biar Hemat

by
November 18th, 2014 at 1:38 pm

CiriCara.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sudah resmi naik Rp 2000 per liter. Premium yang semula Rp 6500 naik jadi Rp 8500 dan Solar yang semula Rp 5500 naik jadi Rp 7500. Harga baru ini berlaku sejak pukul 00.00 WIB, Selasa (18/11/2014).

petugas spbu

Mengisi bbm di SPBU – Ist

Melihat kenaikan harga tersebut, tentu Anda harus mulai berpikir untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Jangan sampai, kenaikan harga BBM tersebut membuat kantong keuangan keluarga Anda jadi bolong.

Apalagi kenaikan harga BBM subsidi juga sering menjadi pemicu naiknya harga kebutuhan lainnya. Mulai dari bahan makanan hingga biaya-biaya keluarga lainnya. Karenanya Anda harus lebih berhemat dari sekarang.

Berikut cara agar kendaraan irit bahan bakar:

1. Kalau dekat, ya jalan kaki

Jika memang kiranya jarak rumah dengan tempat tujuan masih dekat, Anda lebih baik jangan pakai mobil/motor pribadi. Cobalah untuk jalan kaki. Mungkin Anda akan meresa capek atau lelah, namun cara ini bisa menghemat pengeluaran BBM Anda.

2. Hindari jalan macet

Pilih rute perjalanan yang bebas macet. Terjebak kemacetan panjang hanya akan membuat konsumsi bahan bakar terbuang percuma. Jika Anda tinggal di kota besar, hindari kemacetan dengan cara berangkat lebih awal, sekitar 10-15 menit lebih awal.

3. Matikan mesin

Biasakan untuk selalu mematikan mesin jika sedang berhenti sesaat. Seperti saat di lampu merah lebih dari 1 menit, kejebak macet parah, menunggu teman, atau pacar pulang kantor. Cara ini sedikit banyak akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

4. Matikan AC

Jika memang tidak begitu diperlukan, matikan AC di mobil pribadi Anda. Misalnya, saat cuaca dingin seperti saat sedang hujan. Penggunaan AC juga sedikit banyak akan berpengaruh pada jumlah konsumsi bahan bakar di kendaraan Anda.

5. Perhatikan beban kendaraan

Beban yang dibawa kendaraan juga akan berpengaruh pada banyak sedikitnya konsumsi bahan bakar. Semakin berat beban yang dibawa, maka bahan bakar akan jadi boros. Karenanya Anda harus selalu mengecek tekanan udara pada ban agar beban kendaraan bisa tetap terjaga atau normal.

Bagi Anda yang punya penghasilan besar, tentu kenaikkan harga BBM subsidi ini tidak akan berdampak besar pada keuangan keluarga. Tapi bagi Anda yang berpenghasilan kecil, tentu kenaikan harga BBM subsidi ini akan sangat penting. Semoga tips di atas bermanfaat!

(YG)

Comment di sini