Mau Dianggap Dewasa Sama Ortu? Ini Nih Caranya

by
November 18th, 2014 at 11:03 am

CiriCara.com – Orangtua (ortu) pasti rela melakukan apapun demi melindungi anaknya. Nggak heran kalo mereka terkadang sampai nggak sadar telah memperlakukan anaknya seperti anak kecil. Padahal saat ini anaknya sudah jadi anak SMA.

diperlakukan seperi anak-anak

Ist

Semua perlakuan dan perhatian orangtua itu sebenarnya merupakan wujud kasih sayang mereka terhadap anak tercintanya. Mereka hanya ingin memberikan yang terbaik dan tidak ingin anaknya mengalami hal tidak diinginkan.

Namun, tidak semua anak suka diperlakukan semacam itu. Ada juga yang mengaku merasa malu dan risih karena diperlakukan seperti anak kecil oleh orangtuanya. Nggak mau lagi diperlakukan seperti anak kecil?

Sudah saatnya kamu nunjukkin sifat kedewasaan kamu dengan cara berikut ini:

1. Punya kemandirian

Gimana mau dianggap dewasa kalau seragam sekolah aja harus disiapin sama ortu. Mau berangkat sekolah teriak-teriak nanya seragamnya dimana. Sebenarnya ini yang sekolah itu kamu atau ibu kamu sih? Seragam aja harus disiapin.

Tunjukkin kalau kamu itu udah mandiri. Udah bisa menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri. Seragam, buku, tas, alat tulis, dan sepatu harus sudah kamu siapkan sebelum waktu sekolah.

2. Obrolan berkualitas

Saat mengobrol dengan ortu soal suatu hal, kamu harus bisa menunjukkan sikap dewasa. Caranya jangan mau menang sendiri saat memberi pendapat. Pilih topik pembicaraan yang dewasa, misalnya membahas berita di TV atau yang lainnya.

3. Bisa menyelesaikan masalah

Jangan sedikit-sedikit mengadu ke ortu. Dicubit sama teman sebangku, lapor ke ayah atau ibu. Itu hanya akan membuat kamu terlihat seperti anak kecil. Boleh meminta saran, tapi jangan melibatkan ortu dalam masalah kamu, kecuali memang penting. Tunjukkin bahwa kamu sudah bisa mengatasi masalah sendiri.

4. Dandan yang rapi

Cobalah untuk memilih gaya busana atau dandanan yang sesuai dengan umur kamu. Mungkin dengan cara ini orangtua kamu bakal sadar bahwa kamu itu sudah dewasa. Karena kedewasaan orang itu bisa terlihat dari cara dandannya.

5. Pulang tepat waktu

Jangan membuat orangtua jadi khawatir. Pulanglah tepat waktu, jika memang akan pulang telat biasakan untuk memberitahu orangtua dulu. Tidak membuat orangtua khawatir adalah sifat yang paling dewasa.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini