Cara Membersihkan Telinga yang Benar

by
November 21st, 2014 at 11:18 am

CiriCara.com – Telinga merupakan salah satu panca indera yang harus dijaga kebersihannya. Hal ini menghindari terjadinya infeksi berbahaya yang bisa mengganggu sistem penderangan Anda. Lalu seperti apa cara membersihkan telinga yang benar?

membersihkan telinga

Ist

Kebanyakan orang akan membersihkan kotoran di telinga dengan menggunakan cotton bad atau pun alat pembersih telinga yang terbuat dari besi (korek kuping). Cara ini memang ampuh untuk mengangkat kotoran keluar dari dalam telinga.

Namun berdasarkan hasil penelitian yang dilansir Care2.com, cara membersihkan telinga dengan cotton bad atau korek kuping itu salah. Cotton bad hanya akan membuat kotoran justru semakin terdorong masuk dan terperangkap ke dalam telinga.

Selain itu, penggunaan cotton bad maupun korek kuping itu sangat berpotensi menyebabkan iritasi atau luka pada dinding telinga. Yang paling parah, risiko cotton bad mengenai gendang telinga juga sangat tinggi jika tidak hati-hati dalam membersihkan telinga.

Tapi jangan khawatir, Erika Woodson, Neurotologist dari Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio punya cara yang lebih aman. Menurutnya cara paling aman membersihkan telinga adalah dengan menggunakan baby oil.

Berikut caranya:

1. Pilih baby oil
Pastikan baby oil yang akan digunakan cukup bersih dan steril. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi bakteri yang masuk ke dalam telinga. Seperti diketahui, kotoran telinga diciptakan dengan tujuan untuk menangkap bakteri yang masuk ke dalam telinga.

2. Cara memakai
“Tuangkan baby oil ke dalam telinga, diamkan beberapa saat, dan kemudian berbaringlah secara miring untuk mengeluarkan kotoran. Lakukan secara rutin setiap minggu agar kebersihan telinga Anda menjadi maksimal,” jelas Erika, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Erika juga mengatakan bahwa penggunaan baby oil untuk membersihkan telinga itu juga mampu melembutkan dan menghilangkan kotoran telinga. Tentunya, Anda tidak perlu khawatir lagi terjadi iritasi atau luka pada dinding lubang telinga.

Jika masih bingung memilih baby oil yang steril dan aman untuk telinga, ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi was-was atau khawatir salah dalam memilih baby oil.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini