Tips Sukses Membuka Usaha Online

by
November 21st, 2014 at 8:43 am

CiriCara.com – Online shop? Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Pada era globalisasi yang semakin maju ini, internet membantu masyarakat dalam berbagai hal. Salah satunya ialah masyarakat dapat menemukan berbagai informasi seperti tempat untuk berbelanja. Masyarakat modern pada era ini lebih menyukai hal-hal yang bersifat mudah dan praktis. Hal tersebut dapat ditemukan pada bisnis online shop. Online shop adalah  bisnis yang menawarkan barang dan produk melalui internet atau toko online (online store).

 

ilustrasi belanja online

Online shop – Ist

Bisnis online shop terlihat semakin menjanjikan dan menjadi bisnis yang sedang marak serta digemari karena kemudahan yang ditawarkannya dalam bertransaksi. Melalui online shop, transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli menjadi lebih praktis karena mereka tidak perlu bertatap muka secara langsung. Hal ini menciptakan beberapa keuntungan baik bagi pembeli maupun penjual.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan ialah penjual diuntungkan dengan modal yang lebih minim karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa untuk tempat usaha. Pembeli cukup menghubungi contact person penjual, melakukan order, dan mentransfer sejumlah uang. Kemudian produk tersebut akan dikirim langsung ke rumah pembeli sehingga dapat menghemat biaya dan waktu bagi kedua belah pihak.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk anda yang ingin mencoba membuka usaha online shop dan sukses dalam bisnis online shop:

  1. Pastikan supplier dari produk yang anda jual, adalah supplier tangan pertama. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan dapat menjadi lebih minim dan harga dari produk yang anda jual tidak kalah bersaing dengan harga di pasaran.
  2. Cek terlebih dahulu siapa saja kompetitor yang anda miliki. Setelah mengetahui siapa competitor anda, cobalah untuk menjadi online shop dengan kualitas yang lebih baik dari mereka. Hal ini berlaku dalam 2 bidang yaitu kualitas pelayanan serta kualitas produk.
  3. Periksa peluang yang anda miliki. Apakah kondisi sosial dan ekonomi dari Negara anda cocok dengan produk yang anda jual? Serta lakukan survey terlebih dahulu bagaimana tanggapan masyarakat atas produk yang akan anda jual, apakah produk tersebut mendapat tanggapan positif atau negatif.
  4. Ramah, sabar, dan teliti adalah hal yang wajib dimiliki oleh pengusaha online shop. Pembeli dari toko online berasal dari berbagai tempat dan budaya yang berbeda-beda, mereka juga berasal dari berbagai macam kalangan serta memiliki pribadi yang berbeda-beda. Sudah menjadi hal yang umum apabila pembeli selalu mengharapkan pelayanan yang terbaik dari penjual.
  5. Untuk menjaga kualitas produk yang anda jual, selalu cek terlebih dahulu barang yang akan dikirim. Apakah barang tersebut dalam kondisi yang baik, apakah alamat yang dimasukkan benar, serta apakah barang pesanan yang akan anda kirim adalah benar. Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi dan menjaga kepuasan pelanggan.
  6. Yang terakhir adalah buktikan bahwa toko online yang anda miliki adalah toko online  terpercaya. Salah satu cara yang paling mudah adalah promosikan toko online-mu dengan testimoni-testimoni yang berasal dari pelanggan. Dengan begitu anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus yaitu membuat masyarakat mengetahui usaha anda serta mendapat kepercayaan dari calon pelanggan baru.

By:  Olivia Gita

Comment di sini