8 Manfaat Tomat untuk Kecantikan dan Kesehatan

by
November 25th, 2014 at 9:13 am

CiriCara.com – Banyak orang yang mengkonsumsi tomat hanya untuk masakan atau hidangan. Akan tetapi tomat mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kecantikan dan kesehatan yang belum diketahui dengan kandunganya. Dan ini lah manfaat tomat antara lainnya:

tomat / Ist

tomat / Ist

1. Mengecilkan pori-pori kulit

Untuk yang mempunyai pori-pori besar di wajah, tomat sangatlah cocok untuk menghindari pori-pori besar di wajah sehingga dapat menghindari jerawat di wajah akibat pori-pori yang membesar tersebut. Tomat mengandung beberapa vitamin C, A, dan K, vitamin inilah yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah jerawat.

2. Menjaga kesehatan kulit

Beta-karoten dan likopen yang terkandung dalam buah tomat ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Maka dari itu tomat seringkali dijadikan masker untuk wajah. Cobalah cara alami ini, sehingga kulit kita bisa terlindungi secara alami dari panasnya sinar matahari.

3. Menjaga kesehatan rambut

Vitamin A dalam tomat juga dapat bekerja untuk membuat rambut Anda tetap kuat dan indah.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu sedang menjalankan program diet, libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian kamu. Tomat mengandung banyak air dan serat, yang akan memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet kamu dalam menurunkan berat badan.

5. Membantu meredakan peradagangan

Jika kamu adalah salah satu dari  jutaan orang  yang berurusan dengan penyakit yang melibatkan peradangan (seperti artritis atau nyeri punggung). Konsumsilah tomat secara teratur. Tomat dipercaya dapat meredakan nyeri atau sakit kepala yang kamu alami.

Hal ini karena tomat kaya akan bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Nyeri kronis sering melibatkan peradangan kronis, sehingga menyerang langsung di bagian yang mengalami peradangan adalah cara yang baik untuk meredakan sakit yang kamu alami.

6. Membantu tulang tetap kuat

Vitamin K dan kalsium dalam tomat sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Likopen dalam tomat juga telah diketahui dari penelitian yang dapat meningkatkan massa tulang.

7. Membantu mengatur gula darah

Manfaat tomat lainnya adalah dapat menjaga gula darah Anda tetap seimbang. Tomat merupakan sumber yang baik dari kromium yang dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

8. Membantu meningkatkan daya penglihatan

Vitamin A dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan sejak dini.

Sekarang manfaat tomat dapat digunakan sebaik mungkin untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Penulis: Ananda Putri

Comment di sini