Alkohol tidak Selalu Berbahaya

by
November 25th, 2014 at 10:30 am

CiriCara.com – Pusing, muntah-muntah, tidak sadarkan diri merupakan akibat dari mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Akan tetapi, dengan takaran tepat yang diperkirakan melalui berat badan dan metabolisme tubuh bahwa akan menimbulkan efek sebaliknya. Harus diketahui juga bahwa bentuk tubuh juga dipengaruhi oleh takaran alkohol. Perut yang buncit bisa jadi karena mengkonsumsi alkohol terlalu banyak.

alkohol

Alkohol – Ist

Menurut Dietary Gudielines for Americans, “Moderat alkohol dapat didefinisikan sebagai satu gelas per harinya untuk wanita dan dua gelas untuk pria”.

Kita telah mengetahui bahwa dampak alkohol yang berlebihan sangat buruk bagi kesehatan. Tetapi, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kebaikan alkohol bila dikonsumsi dengan tepat. Terdapat 6 keunggulan alkohol, antara lain:

1. Dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Universitas kesehatan Harvard menemukan bahwa konsumsi alkohol yang tepat dapat meningkatkan HDL, meningkatkan kolestrol baik dan lipoprotein. Yang diasosiasikan dengan perlindungan yang lebih baik terhadap penyakit hati. Jadi bila kalian ingin hidup lebih lama, mengingat bahwa hati adalah organ terpenting ketiga setelah otak dan jantung. Maka dari itu, kita harus mampu merawat dan menyayanginya sedemikian rupa.

2. Umur lebih panjang

Minum 1-2 gelas dalam sehari mampu memperpanjang umur. Alkohol hanya boleh dikonsumsi pada saat makan siang dan makan malam, selain itu tidak boleh. Hal ini dapat memperlancar pencernaan.

3. Dapat mecegah flu

Departemen psikologi dari Karengie Melon, menemukan bahwa flu dapat ditingkatkan oleh frekuensi merokok. Di lain hal, konsumsi alkohol secara teratur dapat mencegah flu bagi bukan perokok. Penelitian dari New York Times menyimpulkan, 8-14 gelas seminggu terutama anggur merah dapat menurunkan resiko terkena flu sebanyak 60%.

4. Dapat mengurangi resiko Alzheimer

Dari 365.00 partisipan sejak tahun 1977 seperti dilaporkan jurnal Neuropsychiatric Disease and Treatment, sedikit takaran dari alkohol dapat mempengaruhi fungsi otak, dimana sel-sel dalam otak akan diperbahurui dan dapat bekerja lebih baik. Dan tentunya juga dapat mengatasi stress dan masalah lainnya dengan lebih baik.

5. Dapat mengurangi resiko terkena batu empedu

Minum 2 gelas alkohol dalam sehari dapat mengurangi resiko batu empedu sebanyak 1/3. Mengetahui banyaknya kasus batu empedu yang dikarenakan kurangnya konsumsi air putih, ternyata dapat diperbaiki dengan minum alkohol sesuai takaran. Yang artinya “save water, drink beer”

6. Cegah diabetes

1/3 penduduk Indonesia beresiko terkena penyakit diabetes dikarenakan garis keturunan. Belum lagi angka itu dipastikan meningkat karena tingginya kadar gula pada makanan Indonesia. Di sinilah alkohol berperan penting dalam memerangi kadar gula yang tinggi dalam tubuh.

Comment di sini