Antara Pariwisata Lokal dan Mancanegara

by
November 25th, 2014 at 8:17 am

CiriCara.com – Pariwisata merupakan program pemerintah yang terus diselenggarakan, karena dengan adanya parwisata maka pendapatan Negara atau daerah akan mengalami penambahan, tentunya dengan retribusi obyek wisata.  Dengan adanya pariwisata di suatu daerah atau Negara, maka akan berdampak

Menabung untuk liburan / Ist.

Tempat wisata lokal vs wisata luar negeri / Ist.

langsung dengan masyarakat di lingkungan obyek wisata, dimana masyarakatnya akan menjual barang, jasa, dan makanan yang disuguhkan dan dibeli oleh pengunjung. Obyek wisata yang pengunjungnya langsung membeli barang-barang atau jasa sekitar wisata biasanya tipe wisata religi/ziarah dan wisata jenis ini adalah wisata khusus dan bulan-bulan tertentu obyek wisata itu dikunjungi.

Lain halnya dengan pariwisata yang bersifat umum seperti wisata pantai, air terjun, wisata bangunan bersejerah seperti candi, petilasan seperti goa-goa, wisata perjuangan dan lain-lain. Jenis wisata inilah yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang bersifat refresing atau hiburan semata, dan kunjungan wisata itu dilakukan setiap hari.

Di Negara tercinta ini ada banyak obyek-obyek wisata yang sudah terkenal ataupun belum terkenal, yang terkenal seperti: Candi Borobudur, Monas, Bali, Prambanan, Lombok dan lain sebagainya. Dan yang baru terkenal misalnya Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, ketidakterkenalan inilah disebabkan oleh minimnya promosi dari pihak pemerintah daerah setempat. Bahkan terkadang tidak terkenal di dalam negeri, tetapi malah terkenal di luar negeri seperti obyek wisata di Kepulauan Derawan. Sungguh ironis !.

Obyek wisata dalam negeri, seperti yang penulis paparkan hanya sedikit sekali yang terkenal di luar negeri seperti pantai Kuta di Bali, pantai Parangtritis di Yogyakarta, Candi Borobudur dan Prambanan, sedangkan obyek wisata dari luar negeri yang terkenal namanya seperti: menara Eiffel di Paris, british  museum di London,  Pulau Jeju di Korea, Menara Macau di Hongkong, Phuket di Tailand, Sakura di Jepang, Maladewa atau Maldives yang merupakan wisata yang terkenal di dunia baru-baru ini.

Kenapa wisata manca lebih terkenal di Indonesia?, karena promosi yang besar-besarannya, baik pemerintah dan non-pemerintah berlomba-lomba untuk mempromosikan/menjual obyek wisata tersebut dengan harapan pengunjung bisa datang ke tempat-tempat tersebut tiap hari, bulan dan tahun, sehingga pendapatan dari pihak pemerintah meningkat juga pendapatan masyarakat di sekitar juga meningkat.

Dan menjadi kembanggaan tersendiri apabila ada sebagian warganya yang selalu berkunjung atau berwisata ke tempat wisata. Mereka tidak hanya sekedar mengunjungi juga membeli produk-produk dengan merk terkenal. Menurut penulis mengunjungi lokasi wisata baik di luar negeri atau dalam negeri adalah sama saja, tujuannya hanya gengsi semata. Semoga bermanfaat.

Comment di sini