Cara untuk Mengatasi Insomnia

by
November 25th, 2014 at 4:16 pm

CiriCara.com – Banyak orang yang sulit tidur atau insomnia. Namun, tahukah kamu penyebab dari insomnia tersebut? Di sini akan menjelaskan penyebab insomnia yang memiliki efek tidak baik untuk tubuh, seperti sistem kekebalan tubuh akan menurun akibat kurangnya istirahat serta kurangnya daya konsentrasi saat beraktifitas.

Insomnia / Ist

Insomnia / Ist

Makanya kamu nggak boleh kebanyakan begadang. Nggak berniat begadang tapi sering susah tidur karena insomnia? Berikut cara menangani insomnia tersebut:

1. Hilangkan pikiran sejenak

Ketika akan beranjak ke tempat tidur, janganlah memikirkan hal yang terlalu banyak karena akan membuat kamu stress akan hal yang sedang dipikirkan. Baiknya pikirkan hal-hal yang membuat hati kamu senang dan tenang dengan itu akan bisa membantu kamu agar tidur lebih cepat.

2. Buatlah pikiran yang positif

Seringkali terjadi pada orang-orang yang memiliki gangguan insomnia ini dikarenakan memikirkan hal-hal yang buruk serta membuat khawatir dengan hal kedepannya, maka solusinya yaitu buatlah pikiran sepositif mungkin dengan apapun hal yang akan terjadi besok atau kedepanya.

3. Simpan gadget tidak didekat posisi saat tidur

Menyimpan gadget saat tidur dengan sangat dekat pada posisi tidur akan membuat tidur kita terganggu, karena pada jaman saat ini gadget dapat membuat orang lupa akan hal yang dilakukanya, sehingga banyak orang yang sulit tidur dikarenakan memainkan gadget saat mau tidur.

4. Komitmen pada waktu

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi insomnia dengan cara disiplin oleh waktu untuk keesokan harinya, contoh untuk orang-orang yang beraktifitas di pagi hari sangatlah disarankan tidur cepat agar dapat bangun pagi untuk menjalankan aktifitas di pagi harinya. Hal ini juga harus disertai oleh niat untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi.

5. Jangan terlalu lama tidur siang

Kebanyakan gangguan sulit tidur ini datang pada orang yang seringkali tidur pada siang hari yang sangat memakan waktu berjam-jam lamanya. Tidur siang yang sangat lama dapat memicu orang insomnia tidak dapat tidur cepat pada malam hari dikarenakan sudah memiliki istirahat yang sudah cukup pada siang hari.

6. Jangan melihat kearah jam

Saran selanjutnya yaitu jangan melihat ke arah jarum jam saat ingin tidur karena dengan melihat setiap jarum jam berputar maka akan membuat kamu semakin merasa sulit untuk tidur, oleh karena itu janganlah melihat jam saat ingin tidur.

Demikian cara untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur. Semoga bermanfaat!

Penulis: Ananda Putri

Comment di sini