Inilah Penyebab Badan Sulit Kurus

by
November 25th, 2014 at 8:44 am

CiriCara.com – Tidak jarang orang saat ini yang sudah melakukan diet secara ketat namun tetap sulit sekali untuk menurunkan berat badannya. Tubuh tetap gemuk dan tidak bisa langsung. Apakah ada yang salah dengan pola diet yang dijalani? Atau ada faktor lain yang jadi penyebabnya?

Kurangi berat badan / Ist

berat badan / Ist

Perlu Anda ketahui, ternyata ada beberapa kebiasaan yang jika dlakukan setiap hari bisa membuat berat badan sulit turun sehingga tubuh tetap menjadi gemuk. Mungkin selama ini secara tidak sadar Anda telah melakukan kebiasaan buruk tersebut sehingga sulit kurus.

Untuk itu ketahui lah hal-hal apa saja yang bisa membuat seseorang sulit menjadi kurus berikut ini:

Melewatkan waktu makan

Tidak memiliki waktu makan yang teratur sesuai yang dijadwalkan bisa membuat tubuh sulit mengendalikan nafsu makannya dan menjadi lebih banyak makan. Jika seseorang melewatkan waktu makan, maka otaknya akan mengirim sinyal untuk makan lebih banyak karena tubuh tidak bertenaga. Dan pada akhirnya berat badan pun akan jadi naik.

Makan secara cepat

Kebiasaan makan dengan tergesa-gesa hanya akan membuat Anda tidak bisa menikmati makanan. Akibatnya, tubuh akan sulit mengenai sinyal kenyang karena makanan disantap dengan cepat tanpa mengetahui rasa dan kenikmatannya. Untuk itu, cobalah untuk memperlambat proses makan Anda agar tubuh bisa tahu kapan seharusnya Anda berhenti makan.

Ngemil makanan asin

Sodium yang terkandung dalam makanan cita rasa asin ternyata bisa menimbulkan efek ketagihan. Akibatnya, kita akan ngemil dalam jumlah besar dan tentunya akan berpengaruh pada berat badan. Ngemil boleh, tapi asalkan ngemilnya sehat dan tidak berlebih. Cobalah untuk menghindari camilan-camilan yang punya rasa asin dan berlemak.

Makan sambil nonton TV

Kebiasaan makan atau ngemil sambil nonton televisi akan menyebabkan bertambahnya kalori dalam tubuh. Hal ini karena orang yang makan sambil nonton TV cenderung pasif dan malas bergerak. Akibatnya, kalori yang dihasilkan dari makanan tadi tidak bisa diolah dengan baik. Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini dan hindari juga kebiasaan langsung tidur sesudah makan, cobalah untuk tunggu beberapa jam setelah makan, baru lah tidur.

Makan banyak goreng-gorengan

Tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata goreng-gorengan memiliki kalori yang sangat banyak. Jika dibandingkan, mengkonsumsi 1 potong paha ayam goreng sama dengan mengkonsumsi 3 gelas nasi. Untuk itu kurangi lah makanan goreng untuk mendapatkan berat badan ideal.

Cemilan yang salah

Mengkonsumsi cemilan pada saat diet memang bukan larangan, namun kita harus tau apa yang bisa kita makan  saat diet atau tidak. Ganti cemilan Anda dengan buah-buahan setiap hari nya.

Jika Anda ingin kurus, maka hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru akan membuat berat badan Anda naik. Coba jalani pola hidup sehat dan konsumsi lah makanan yang sehat pula. Semoga bermanfaat!

by: Nadya Nandita

Comment di sini