Awas Isu SARA! Ini Cara Mencegahnya

by
November 26th, 2014 at 2:05 pm

CiriCara.com – Puluhan suku bangsa yang menyebar dari Sabang sampai Marauke, bikin bahasa dan penampilan kita dan teman jadi bervariasi. Ini bikin kita sering tidak sengaja menyinggung SARA (Suku Agama, Ras, Antar Golongan). Padahal isu ini bisa sengaja ataupun tidak sengaja menyinggung orang lain.

isu sara

Isu SARA – Ist/Inilah.com/Mr. Taqi

Kenapa isu SARA sensitif?

1. Diskriminasi. Dalam situs Global Issue disebutkan kalau rasisme merupakan kepercayaan bahwa karakter dan kemampuan seseorang bisa ditentukan berdasarkan rasnya. Oleh karena itu, suatu ras biasa dianggap lebih keren diibanding ras lain, sehingga kalau menyinggung ini, kita dianggap mendeskriminasikan ras yang ada.

2. Menyinggung Identitas Seseorang. Ketika kita menyinggung isu ini, berarti telah menjelek-jelekan identitas orang lain. Padahal tidak ada orang yang bisa menentukan dari kelompok sosial apa ia akan dilahirkan.

3. Isu Yang Tabu. Membicarakan hal berbau SARA, merupakan hal yang tabu, apalagi jika membahasnya di depan orang yang mengalami sendiri kejadian tersebut.

Bahaya menyinngung SARA:

1. Dianggap tidak menghargai perbedaan. Kalau kita berani menyinggung SARA, berarti kita dianggap tidak menghargai perbedaan yang ada di Indonesia dan memicu perpecahan.

2. Di-bully Masyarakat Luas. Apabila kita menyinggung SARA, berarti kita telah men-judge suatu kelompok berdasarkan imej jelek tertentu. Ini dianggap tidak adil, karena tidak semua orang memilki sifat jelek tersebut.

3. Merusak Imej. Saat kita membeda-bedakan seseorang berdasarkan kelompok ras atau agama tertentu, berarti kita sudah menurunkan imej kita sendiri di depan orang lain.

Srop SARA!

1. SARA Bukan Bahan Bercanda. Lebih baik hindari topik berbaau SARA pada saat bercanda dengan teman, jangan sampai bercandaan yang awalnya kita anggap lucu, malah memicu pertengkaran.

2. Hargai Perbedaan. Apabila kita membeda-bedakan satu sama lain, itu membuat kita terlihat seperti orang yang tidak berpendidikan. Mulailah menghargai perbedaan dan menjaga perasaan orang lain.

3. Hindari Judgement di Depan Umum. Kalau lagi kesal sama seseorang dari kelompok tertentu, tidak perlu mencibirnya langsung di depan umum. Apalagi kalau sambil membawa-bawa nama kelompoknya. Kalau kesal banget dan ingin melampiaskannya, lebih baik dilakukan di depan orang terdekat dan area privat.

Semoga penjelasan di atas bisa membuat kita sadar agar pentingnya menjaga komunikasi yang baik. Jangan sampai kita malah menyebar isu SARA yang akhirnya akan merugikan kita sendiri. Semoga bermanfaat!

Comment di sini