Cara Agar Tidak Ditilang Saat Operasi Zebra 2014

by
November 27th, 2014 at 9:22 am

CiriCara.com – Kepolisian Republik Indonesia sudah mulai menggelar Operasi Zebra di sejumlah jalan rawan pelanggaran lalu lintas sejak Rabu (26/11/2014) kemarin. Dalam operasi ini, setiap pelanggar akan diberikan pembinaan, teguran, hingga penilangan.

operasi zebra

Operasi Zebra – Ist

Rencananya, Operasi Zebra 2014 ini akan berlangsung selama 14 hari, yakni dimulai pada 26 November 2014 hingga 9 Desember 2014. Tidak hanya pelanggar lalu lintas, setiap pengendara nantinya akan diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, sasaran razia kali ini adalah kendaraan bermotor, termasuk pengusaha angkutan umum, dan calon pengemudi. Tidak hanya itu, dalam razia kali ini juga dilakukan kampanye keselamatan berlalu lintas.

Tidak mau kena tilang saat Operasi Zebra 2014? Berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan:

1. Lengkapi surat kendaraan

Coba cek kembali kelengkapan surat-surat kendaraan Anda. Jika memang ada yang harus diurus, segera urus agar cepat jadi. Bagi Anda yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) segera urus atau buat jika umur sudah lebih dari 17 tahun. Hal ini menghindari perjalanan Anda terhambat karena surat-surat tidak lengkap.

2. Gunakan helm SNI

Bagi pengendara sepeda motor, sebaiknya kenakan helm yang sudah berstandar nasional Indonesia (SNI). Dan pastikan cara memakai helm Anda sudah benar, yakni dengan mengklik tali helm agar tidak terlepas saat terjatuh atau terjadi kecelakaan.

3. Patuhi rambu lalu lintas

Anda yang biasanya suka lawan arus, mulai sekarang jangan lakukan. Mungkin Anda akan beralasan lawan arus karena lebih dekat, namun tetap saja hal ini melanggar aturan dan berbahaya. Patuhilah rambu lalu lintas agar Anda aman dan selamat sampai tujuan.

4. Tidak perlu panik

Jangan panik atau ingin kabur saat ada polisi yang menyetop Anda untuk melakukan Operasi Zebra. Jika Anda tidak melanggar rambu lalu lintas dan memiliki surat-surat yang lengkap, Anda akan dibolehkan kembali melanjutkan perjalanan.

Operasi Zebra ini dilakukan demi menciptakan lalu lintas yang aman dan nyaman. Melalui razia seperti ini diharapkan angka kecelakaan lalu lintas akan menurun atau berkurang. Jadi, mari kita patuhi rambu lalu lintas dan ciptakan lalu lintas yang aman.

(YG)

Comment di sini