Fakta Menarik Tentang Pendidikan di Korea

by
November 27th, 2014 at 10:15 am

CiriCara.com – Apa yang kamu pikirkan saat mendengar nama negara Korea Selatan? Ya, tentu pikiran kamu bakal tertuju pada artis drama Korea ataupun penyanyi K-Pop (Korea Pop). Tapi tidak hanya itu, ternyata ada hal lain yang lebih menarik dari Korea Selatan. Yakni dari segi pendidikannya.

sekolah di korea

Sekolah Korea – Ist

Apa saja faktanya? Mari simak penjelasan berikut:

1. Sekolah selama 16 jam dalam sehari

• Anak berumur 13 dan 14 tahun bersekolah hingga pukul 5 PM
• Anak usia 15 tahun bersekolah hingga pukul 7 PM
• Anak usia16-18tahun bersekolah dari pukul 7 AM – 10 PM.

Metode pembelajaran ini bertujuan agar para pelajar di Korea mampu masuk ke perguruan tinggi yang baik, dengan melewati kompetisi yang tinggi. Para pelajar di Korea juga mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah. Ini berarti rata-rata pelajar Korea tidak pulang ke rumah sampai tengah malam, dan makan siang hingga makan malam-pun sampai disediakan di sekolah. Metode pembelajaran dengan waktu belajar seperti ini sebenarnya sudah mulai menuai kritik dari para pengamat pendidikan di Korea sendiri.

2. Sekolah di Hari Sabtu

Pada hari Sabtu pelajar Korea juga harus sekolah dengan jam pelajaran penuh. Sampai saat ini jadwal sekolah Korea mulai dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu.

3. Guru adalah pekerjaan yang terhormat

Di Korea, ada pepatah “Guru setinggi Tuhan”. Guru memegang posisi sosial yang berharga dan tinggi di masyarakat. Usia pensiun guru di Korea tidak sampai 65 tahun. Tapi senioritas berarti gaji meningkat dan jam kerja seorang guru dikatakan lebih baik dari pekerjaan biasanya.

4. Mahalnya sarana proses pembelajaran

Setiap ruang kelas dilengkapi dengan sarana yang lengkap seperti komputer yang terhubung ke sistem proyektor atau layar datar LCD.

5. Proses pemindahan guru selama 5 tahun sekali

Terdapat sistem bergilir dalam cara kerja guru. Guru bertugas di sekolah yang berbeda-beda setiap 5 tahun. Sistem ini bertujuan untuk memberikan setiap guru kesempatan yang adil untuk bekerja baik di sekolah yang bagus atau buruk.

6. Ruangan kelas seperti di dunia nyata

Beberapa sekolah memiliki ruangan dengan peralatan dan teknologi canggih yang memungkinkan keadaan dalam ruangan tersebut sama seperti keadaan di lingkungan luar sana agar para pelajar dapat mempraktekkan langsung ilmu pembelajaran yang diterimanya. Seperti ruangan kelas ekonomi yang dilengkapi dengan lorong, rak, pasar mini atau ruangan kelas kesehatan yang dibuat seperti rumah sakit.

7. Hukuman fisik yang masih berlaku

Jika di Amerika hukuman fisik dalam kelas sudah dilarang, berbeda dengan sistem pendidikan Korea yang masih menerapkan penyelesaian masalah dengan disiplin fisik di ruang kelas sekolah. Hal ini masih diperbolehkan, walaupun sudah ada kabar bahwa akan diberlakukan pemantauan yang ketat untuk mencegah terjadinya kekerasan guru kepada siswa dan pelanggaran HAM.

Comment di sini