Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat

by
November 27th, 2014 at 5:58 pm

CiriCara.com – Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, apalagi rambut yang sehat. Banyak wanita yang menghabiskan waktunya dan juga uangnya untuk merawat rambutnya di salon ataupun di rumah, dan uang yang dikeluarkanpun juga tidak sedikit. Namun tidak sedikit juga wanita yang sangat sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk pergi ke salon dan merawat rambutnya.

merawat rambut

Tips merawat rambut agar tetap sehat – Ist

Berikut adalah tips dasar yang sering dilewatkan oleh orang-orang dalam menjaga rambut tetap sehat.

  • Tahu kapan mencuci rambut
    Kadang kala orang sering membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mereka perlu mencuci rambut mereka setiap hari, namun mencuci rambut terlalu sering bisa membuat rambut kamu kering. Untuk sebagian orang, 3 – 4 kali dalam seminggu sudah cukup. Namun untuk rambut yang mudah berminyak dan bagi kamu yang harus mencuci rambut setiap hari, gunakan sampo yang ringan dan mengandung sedikit detergent.
  • Gunakan conditioner
    Selalu gunakan condotioner setelah pemakaian sampo. Gunakan leave-in coonditioner minimal 1 kali dalam seminggu. Leave-in conditioner meresap masuk ke dalam rambut dan memperbaiki lebih baik. Gunakan juga bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak kelapa.
  • Gunakan sisir
    Rambut yang lembab lebih rentan dibandingkan rambut yang kering, lebih elastis dan mudah patah. Rambut sangat rentan ketika masih dalam keadaan lembab, maka jangan langsung menyisir rambut Anda. Gunakan spray anti-kusut, lalu gunakan sisir yang bergigi lebar untuk meminimalisir kusut dan rambut patah. Menggunakan jari-jari tangan untuk menyisir rambut saat rambut masih basah mengakibatkan kerusakan dan rontok.
  • Jangan mengeringkan rambut dengan handuk
    Karena rambut akan semakin rapuh jika basah, mengeringkan dengan handuk akan mengakibatkan kerusakan. Mengeringkan rambut dengan handuk dapat membuat rambut kasar, mengakibatkan kerusakan dan keriting atau mengembang.
  • Menghemat penggunaan pengering rambut.
    Penggunaan pengering rambut yang terlalu sering bisa mengakibatkan rambut kering, menyebabkan rambut patah dan bercabang. Coba untuk membatasi penggunaan pengering rambut, biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Jika perlu menggunakan, jangan arahkan terlalu dekat dengan rambut, akan mengakibatkan rambut terbakar.
  • Memilih sampo dan conditioner yang cocok dengan tipe rambut.
    Pilih yang cocok dengan kondisi rambut Anda dan tetaplah pada pilihan itu. Tidak peduli dengan tipe rambut yang kamu miliki, ada produk spesial yang dibuat khusus untuk kamu. So, jangan khawatir rambutmu terlihat tidak sehat. Jika kamu mengikuti tips-tips ini, maka rambutmu selalu terlihat sehat.

Penulis: Lidwina Yossi

Comment di sini