5 Tips Memiliki Otak Sehat

by
November 28th, 2014 at 3:48 pm

CiriCara.com – Otak Anda memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Tetapi semua organ ini hanya dapat beroperasi dengan lancar jika Anda memberikan apa yang dibutuhkan oleh otak kita dan menghindari apa yang merugikan otak kita.

otak manusia

Ilustrasi otak – Ist

Cara ini simple seperti memperbaiki kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari seperti pola makan dan pola tidur. Dengan memperbaiki kebiasaan tersebut Anda dapat mengoptimalkan fungsi otak dan mengurangi penyakit.

Berikut adalah 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat otakmu tetap sehat :

1. Berhenti Khawatir

Apakah Anda memusingkan hal-hal kecil? Jika iya hal ini dapat memperbesar resiko disfungsi mental Anda. Dalam penelitian terbaru, para peneliti University of Gothenburg di Swedia mengamati pola hidup wanita di Swedia setelah mengikuti mereka selama 38 tahun. Hasil penelitiannya pun menakjubkan bahwa wanita usia 40-an ke atas lebih mudah marah dan stres sehingga rawan terkena disfungsi mental. Tentunya kita harus bisa menghentikan kebiasaan ini dengan cara belajar untuk menjaga diri kita agar tetap tenang ketika stres muncul.

2. Keep Moving

Selain dapat menjaga kesehatan dan mengurangi berat badan, bergerak juga dapat membuat Anda segar kembali. Anda dapat melupakan stres Anda dan menyegarkan otak Anda, apalagi jika hal ini dilakukan di pagi hari. Beberapa peneliti berkata bahwa dengan melakukan aktivitas fisik seperti bergerak, berlari dan gym dapat meningkatkan ukuran otak dan memperbesar koneksi terutama di pusat memori Anda.

Sebuah makalah yang diterbitkan di Pediatrics melaporkan bahwa anak-anak umur tujuh hingga sembilan tahun menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan untuk memperhatikan dan menghafal setelah diajarkan untuk berolahraga. Walaupun kita sibuk kita harus tetap meyisakan waktu kita untuk berolahraga, baik itu 2 minggu sekali, jogging, lari dan sebagainya. Karena hal simple ini akan membantu kita untuk tetap fokus dalam pekerjaan kita dan menghindarkan kita dari penyakit.

3. Memasak dengan kunyit

Rempah-rempah yang biasa ditemukan dalam masakan India ini telah teruji ampuh karena manfaat kulitnya, namun para peneliti dari Institute of Neuroscience dan Obat-obatan di Jülich, Jerman, kini telah menemukan bahwa kulit kunyit bisa menjadi bahan yang ampuh untuk mengobati gangguan otak. Penelitian yang diterbitkan dalam Stem Cell Research & Therapy menemukan bahwa senyawa dalam rempah-rempah dapat menghidupkan sel-sel induk kembali untuk berkembang biak (sel baik).

4. Jelajahi Alam

Perlu alasan untuk pergi memetik apel akhir pekan ini? Sebuah penelitian terbaru dari University of Michigan menunjukkan bahwa berjalan di alam dapat mencegah depresi, mengurangi stres, dan memperbaiki kesehatan mental secara keseluruhan. Hal ini sudah terbukti bahwa sesorang dapat melupakan stres nya dan mendapatkan suasana hati yang bagus dengan cara refreshing ke taman wisata dan sebagainya. Jadi ajaklah temanmu dan pergi ke alam!

5. Makan buah dan sayuran lebih banyak

Anda tentunya tahu bahwa makan buah-buahan dan sayuran lebih sehat daripada fast food. Hal ini terbukti karena dengan memakan buah-buahan dan sayuran dapat membantu mewujudkan kesehatan mental yang Anda idam-idamkan. Memakan buah dan sayuran juga memperlancar BAB kita, dapat dijadikan antibody untuk tubuh kita dan tentunya mencegah resiko sesorang terkena penyakit.

Penulis: Giovanni Nathania

Comment di sini