5 Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

by
November 28th, 2014 at 11:20 am

CiriCara.com – Tidak punya waktu untuk perawatan kulit secara intensif? Manjakan kulitmu dengan perawatan dasar. Perawatan kuliat yang baik dan sehat dapat memperlambat proses penuaan pada kulit dan mencegah masalah pada kulit. Mulailah dengan 5 tips dasar berikut ini:

mendinginkan kulit sensitif / istock

Merawat kulit / istock

1. Lindungi diri dari sinar matahari

Salah satu cara untuk merawat kulit adalah dengan melindungi diri dari sinar matahari. Pemaparan sinar matahari secara terus menerus dapat menyebabkan kerut, noda hitam, dan masalah kuliat lainya. Juga meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Untuk perlindungan lengkap dari sinar matahari:

  • Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 15. Ketika berada di luar ruangan, gunakan tabir surya setiap dua jam atau lebih jika dalam keadaan berenang atau berkeringat.
  • Carilah tempat teduh. Hindari matahari dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore, saat matahari sedang terik-teriknya.
  • Gunakan pakaian yang melindungi. Lindungi kulit dengan baju lengan panjang, celana panjang dan topi yang lebar. Juga pertimbangkan bahan baju yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet, atau baju khusus pelindung sinar matahari, yang dirancang khusus untuk menahan sinar ultraviolet.

2. Jangan merokok

Merokok dapat membuat kulit terlihat tua dan keriput. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil yang berada di bagian permukaan kulit, yang dapat menurunkan aliran darah. Ini dapat mengakibatkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi-nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Merokok juga merusak kandungan kolagen dan elastin, kandungan yang ada dalam kulit yang memberikan kekuatan dan kelenturan pada kulit. Ekspresi wajah yang dilakukan saat merokok, seperti megerucutkan mulut saat menarik nafas dan menyipitkan mata untuk menghembuskan asap rokok, dapat menambah keriput.

Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindung kulit Anda adalah berhenti merokok. Bertanyalah pada dokter untuk tips dan perawatan untuk membantu kamu untuk berhenti merokok.

3. Perlakukan kulit dengan lembut

Pembersihan dan pencukuran setiap hari dapat membuat kulit kamu menjadi korban. Untuk membuat kulit kamu tetap lembut:

  • Batasi waktu mandi. Air panas dan waktu mandi yang lama dapat menghapus kandungan minyak pada kulit. Batasi waktu mandi, dan gunakan air yang hangat, dibandingkan air yang panas.
  • Hindari sabun yang keras. Sabun dengan kandungan yang keras dapat menghapus minyak pada kulit. Gunakan pembersih yang lembut.
  • Cukur dengan hati-hati. Untuk melindungi dan melumasi kulit kamu, gunakan krim, lotion atau gel untuk mencukur sebelum melakukan pencukuran. Gunakan pencukur yang bersih dan tajam. Cukur sesuai dengan arah bulu tumbuh, bukan sebaliknya.
  • Tepuk hingga kering. Setelah membasuh kulit, tepuk dengan lembut kulit dengan handuk, agar masih ada kelembapan dalam kulit.
  • Lembabkan kulit. Jika kulit kamu kering, gunakan pelembab yang cocok untuk tipe kulitmu. Untuk penggunaan sehari-hari, gunakan pelembab yang mengandung SPF.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat dapat membantu Anda tetap bugar. Konsumsi buah, sayuran, karbohidrat, dan protein secara cukup. Hubungan antara makanan dan jerawat masih dipertanyakan, namun terdapat riset yang menyatakan bahwa makanan yang mengandung kaya akan vitamin C, rendah lemak dan karbohidrat yang sudah diproses dapat membuat kulit terlihat muda.

5. Kendalikan stres

Stress yang tidak dikontrol dapat membuat kulit lebih sensitif dan dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk membuat kulit dan pikiran dalam keadaan sehat, ambil langkah untuk mengurangi stres. Tentukan batasan-batasan, atur kembali daftar-daftar yang harus kamu lakukan, dan luangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu senangi.

Jangan lupa bahwa kulit juga perlu diberikan makanan, bukan hanya tubuh. Jika kamu mengikuti tips-tips ini, hasilnya akan jauh dari perkiraanmu.

Penulis: Lidwina Yossi

Comment di sini