Bau Buah Petai Sedahsyat Kasiatnya

by
November 28th, 2014 at 10:51 am

CiriCara.com – Bukan hanya orang Indonesia yang mengetahui buah petai, ternyata orang Amerika pun mengenal buah petai dengan sebutan “the most horrible food” karena buah petai memiliki bau yang tajam dan menusuk. Banyak yang mengenal bahwa memakan buah petai akan menyebabkan bau mulut dan juga membahayakan ginjal karena adanya asam amino yang terkandung di dalam petai.

manfaat petai

Buah petai – Ist

Ternyata, buah petai memiliki manfaat yang luar biasa. Buah petai mengandung kadar protein dan lemak yang tinggi berbanding tumbuhan hutan yang lain, dan juga buah petai mengandung kalsium, fosforus, zat besi, vitamin A, B1, B2 dan C. Dalam perobatan tradisional, buah petai dipercayai untuk mencegah adanya penyakit jantung, penyakit kencing manis, sebagai cara alternatif untuk mencuci perut, serta untuk mengeluarkan cacing yang terdapat pada pencernaan anak-anak.

Selain itu biji petai memiliki manfaat lain yang khasiatnya sangatlah berguna untuk kepentingan tubuh kita. Antara lainnya adalah:

- Dipercayai dapat mengurangi depresi

Hal ini dikarenakan buah petai mengandung trypthophan, yang merupakan sejenis protein yang diubah menjadi serotonin, dan dapat membuat pengkonsumsi buah petai menjadi lebih rileks dan mengubah mood menjadi lebih baik.

- Menjadi sumber energi

Dibandingkan dengan buah apel, buah petai merupakan sumber energi yang baik. Buah petai memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan buah apel. Selain itu, buah petai juga mengandung 3 macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.

- Menjadi obat ginjal dan hati

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah petai dapat menghalangi segala jenis radikal bebas yang ada di sekitar lingkungan kita. Seperti makanan yang biasa kita konsumsi, termasuk makanan yang digoreng atau dibakar.

- Obat manjur untuk perokok

Buah petai dapat membuat para perokok aktif menjadi lebih pasif untuk mengkonsumsi rokok. Hal ini dikarenakan buah petai memiliki vitamin B6 serta B12, juga mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu tubuh menjadi cepat pulih dari dampak nikotin.

- Dapat menetralkan luka lambung

Buah petai dapat menetralkan asam lambung yang terdapat pada pencernaan tubuh manusia. Selain itu, biji petai dapat mengurangi iritasi pada lambung dengan cara melapisi permukaan di dalam lambung.

- Premenstrual Syndrome

Ketika para wanita menghadapi siklus PMS atau yang dikenal dengan pramenstrual Syndrome, biji petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood dengan kandungan zat besi yang terkandung dalam buah petai. Selain itu, buah petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apa bila terjadi anemia.

Demikian beberapa manfaat yang terdapat pada buah petai. Siapa sangka buah petai yang di kenal memiliki bau menyengat ternyata memiliki banyak khasiat penting yang sangat berguna untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Penulis: Christie Marine

Comment di sini