Manfaat Kunyit Putih dan Cara Mengolahnya

by
November 28th, 2014 at 9:36 am

CiriCara.com – Tentunya Anda pasti tahu apa itu kunyit putih kan? Tapi apakah Anda tahu bahwa kunyit putih memiliki 2 jenis? Jenis pertama yaitu kunyit yang berwarna kuning atau yang sering kita gunakan untuk bumbu dapur. Sedangkan jenis kedua yaitu kunyit putih yang tentunya berwarna putih. Nah, untuk jenis yang kedua ini mungkin banyak dari kita yang asing dengan namanya.

kunyit

Kunyit putih – Ist

Tapi siapa yang menyangka kunyit putih ini ternyata dapat dijadikan obat tradisional untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker dan tumor?

Berikut adalah manfaat-manfaat dari kunyit putih:

- Dapat mengecilkan rahim pasca melahirkan
- Sebagai anti iflamasi
Mengatasi haid yang tidak lancar
- Membantu menyembuhkan asma, maag
- Memperkuat daya ingat
- Masih banyak manfaat lainnya,
Hal ini terbukti karena kunyit putih memiliki kandungan yang sangat baik seperti tinanin, kurkumin, gula, amilium, minyak atsin, saponin, protein toksin, damar dan flavonoid.

A – Sien, umur 53 tahun adalah salah satu penderita kanker payudara. Tetapi itu dulu, kurang lebih 3 tahun yang lalu A – Sien menjalani operasi dengan harapan dapat menghilangkan sel kanker yang ada di tubuhnya. Payudaranya pun dibuang dan setelah menjalani operasi dia selalu mengikuti kemo sesuai anjuran dokter. Tidak hanya itu, dia juga menjaga pola makan dan makan kunyit putih sampai sekarang. Dan sekarang sudah tidak kambuh lagi.

Tidak hanya Ibu A – Sien yang merasakan manfaat dari kunyit putih tersebut tetapi ada seorang ibu yang bernama Irma, berumur 72 tahun dan mengidap tumor di bagian perutnya, walaupun sudah melakukan operasi 2x tumor itu tetap terus tumbuh. Lalu Ibu Irma pun disarankan oleh keluarganya untuk makan kunyit putih secara rutin setiap hari dan ternyata tumornya pun mengecil.

Kunyit putih ini dapat ditemukan di pasar dan dapat kita olah sendiri. Berikut adalah cara pengolahan kunyit putih tersebut:

1. Kunyit dicuci bersih
2. Di potong kecil-kecil termasuk butiran-butiran kecil yang ada di bagian luar
3. Setelah dipotong kecil-kecil, kunyit putih langsung dijemur sampai kering karena pada dasarnya kunyit puth sudah mengandung air
4. Setelah itu digiling halus dengan menggunakan gilingan obat

Semoga bermanfaat!

Penulis: Giovanni Nathania

Comment di sini