Oemah Etnik; Tampil Modern dengan Kain Nusantara

by
November 28th, 2014 at 9:08 am

CiriCara.com – Kain batik nusantara merupakan identitas Indonesia di mata dunia, hal itulah yang mendorong Rizki Triana perancang busana muda Indonesia untuk membuat Label Oemah Etnik yang merupakan sebuah bentuk persembahan anak muda untuk Tanah Air Indonesia. Oemah Etnik didirikan oleh Rizki Triana pada maret 2013 mengambil budaya Indonesia sebagai tema dan kain Indonesia sebagai bahan utama pembuatan busana rancangannya.

oemah etnik

Tampil cantik dengan karya Oemah Etnik – Ist/Pinterest-Olive Olive

Produk pertama yang dikeluarkan oleh Oemah Etnik adalah busana yang berbahan dasar songket-songket, sasirangan kalimantan, dan batik solo. Tapi kini Oemah Etnik telah berhasil mengeluarkan lebih dari 100 desain pakaian dengan 7 koleksi busana yang berbahan dasar kain-kain tradisional asli Indonesia seperti tenun ikat, songket, batik cap maupun tulis, dan kain-kain Indonesia lainnya.Semua kain-kain tradisional itu didapat dari pengerajin di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Cirebon, Madura, Solo, Lombok, Makasar dan lain-lainnya.

Produk Oemah Etnik di desain modern sehingga sesuai dengan selera fashion lokal maupun internasional. Produk Oemah Etnik dibagi dalam dua kategori yaitu Ready to Wear dan Customize. Jika produk ready to wear merupakan produk yang siap pakai, ready stock dan mass production, maka produk customize adalah produk yang didesain khusus sesuai permintaan seperti kebaya, seragam, maupun busana wanita..

Oemah Etnik telah mengeluarkan tujuh koleksi rancangannya. Pada empat koleksi terakhirnya, Oemah Etnik memberikan nama sebagai tema seperti “Here Comes The Sunrise”, “Lemonade”, “Romantika Java” dan “Pretty Pastel”.

“Here come the Sunrise” adalah salah satu koleksi untuk sesi Summer 2014 dari Oemah Etnik. Koleksi ini berbahan dasar kain tenun rangrang Lombok. Keunikan kain tenun rangrang terletak pada motifnya yang khas, geometri zig-zag dan kombinasi warna yang eksotis.

“Lemonade” merupakan koleksi perpaduan batik cap dan tulis dari Cirebon yang bernuansa Lemon. Dalam koleksi ini semua busana identik dengan perpaduan warna kuning dan putih.

“Pretty Pastel” merupakan seri Ready to Wear Oemah Etnik yang mengangkat kain batik cap Cirebon sebagai kain utamanya. Batik yang dipergunakan kali ini bertekstur timbul yaitu emboss dengan warna polos. Seri ini memperkenalkan 3 cutting terbaru Oemah Etnik. Seluruh koleksi design dilapisi trikot sehingga tekstur kain lebih kuat dan sesuai dengan cutting yang diinginkan.

“Romantika Java” terinspirasi dari kebudayaan pengantin jawa yang menggunakan kain bludru hitam dan bordiran emas yang disebut blenggen. Bahan dasar tersebut dikemas dalam balutan cocktail dress. Pemilihan bahan material velvet yang mengilap dan terkesan mewah bersama bordir emas bergaya “baroque” di setiap sisi membuat busana ini cocok dipakai pada acara formal dan pesta.

Sebagai salah satu brand lokal Oemah Etnik berhasil menggelar berbagai fashion show. Dalam waktu 1 tahun fashion show Oemah Etnik sudah beredaran di beberapa acara seperti UI Fashion Week, Gebyar Batik Nusantara 2013, Galeri Salihara, Windows to Indonesia di Ukraina, Putra-Putri Batik Nusantara 2014, Kemenpora, Launching product Sony Indonesia dan yang terbaru Muda Mode Fashion Show di Galeri Indonesia Kaya.

Comment di sini