Fenomena Ghost Touch pada Smartphone

by
December 1st, 2014 at 9:17 am

CiriCara.com – Smartphone kamu pernah membuka aplikasi sendiri tanpa kamu sentuh? Keadaan ini dinamakan ghost touch. Kalau tidak mengganggu pemakaian smartphone layar sentuh, fenomena ini mungkin tidak menjadi masalah. Akan tetapi pada keadaan terburuk, smartphone menjadi tidak berguna karena kita tidak bisa mengatur aktivitasnya.

layar sentuh gerak sendiri

Ghost touch – Ist

Fenomena ini tidak hanya terjadi pada satu merek tertentu. Berbagai merek dari yang paling terkenal sampai yang biasa-biasa pun bisa juga mengalaminya. Sebenarnya, Ghost Touch adalah fenomena dimana layar sentuh memiliki ‘pikirannya’ sendiri sehingga membuka aplikasi secara terus menerus seperti dihantui. Akan tetapi, fenomena ini bisa jadi tidak berbahaya sampai pada taraf tertentu.

Batas normal

Sering mengalami ghost touch? Jangan takut dulu. Fenomena ini wajar terjadi apabila kamu menggunakan smartphone kamu saat sedang mengisi ulang baterai. Hal ini sangat alamiah mengingat sedang ada aliran listrik yang masuk ke smartphone sehingga menjadi trigger dari ghost touch. Selama kejadiannya terbatas hanya pada saat charging, smartphone kalian masih aman.

Terus, kapan masalahnya? Masalahnya dimulai apabila saat didiamkan, tidak sedang disentuh atau bahkan diletakkan begitu saja tetapi aplikasi bermunculan. Ghost touch juga dapat terjadi saat kita menggunakan smartphone. Imbasnya, hal yang disentuh dengan hal yang dimunculkan tidak sesuai karena ghost touch cenderung lebih kuat daripada sentuhan pengguna.

Sebelum pergi ke service center, ada beberapa hal yang bisa dicoba:

  • Lepas anti gores

Bisa jadi, anti gores menjadi penyebab smartphone kamu bermasalah. Hal ini dikarenakan anti gores bisa saja menghasilkan medan magnet yang menghasilkan ghost touch

  • Lakukan factory reset

Coba lakukan factory reset untuk memastikan bukan program yang menyebabkan gangguan.

Apabila keduanya belum juga menghilangkan masalah ini, segera kunjungi service center terdekat. Mungkin hardware yang bermasalah. Sampai saat ini, masih banyak kasus baik di dalam dan luar negeri yang belum terpecahkan berhubung banyak sekali penyebab dari masalah ini. Akan tetapi, kalau mengalami masalah ini, segera ke service center, serahkan pada ahlinya.

Penulis: Myra Florencia

Comment di sini