Cara Supaya Kamu Nggak Salah Gaul

by
December 2nd, 2014 at 11:36 am

CiriCara.com – Sebagai remaja yang akan menjadi penerus bangsa, kamu nggak boleh sampai salah gaul, apalagi salah masuk rumah. Jauhi lah yang namanya pergaulan bebas, seks bebas, dan juga narkoba. Karena semua itu hanya akan merusak masa depan kamu.

gaul di sekolah

Gaul – Ist

Banyak yang bilang, masa-masa remaja adalah masa mencari jati diri. Pada masa-masa ini kamu akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan dan masalah. Jika kamu bisa melewatinya dengan baik, kamu bakal jadi remaja yang baik.

Namun, tak jarang pula yang gagal dan malah terjerumus ke pergaulan nakal. Kamu tentu tidak mau kan menjadi remaja yang salah gaul?

1. Pilih teman yang baik

Gaul itu berarti punya banyak teman dan sahabat. Tapi, kamu juga harus pandai-pandai dalam memilih teman. Pilih lah teman yang bisa memotivasi kamu ke hal yang positif, entah itu prestasi di sekolah atau hal positif lainnya. Dengan bergaul sama teman yang baik, maka kamu pun akan ikut menjadi remaja yang baik pula.

2. Jangan cuma ikut-ikutan

Jadi remaja yang gaul itu nggak cuma bisa ikut-ikutan doang. Kamu juga harus bisa jadi pelopor kebaikan dari teman-teman kamu. Remaja yang cuma ikut-ikutan itu selamanya akan terus jadi bawahan. Cobalah untuk jadi pelopor kebaikan diantara teman kamu.

Misalnya, saat teman kamu males buat belajar, kamu bisa ajak mereka buat belajar bareng. Intinya, kamu juga harus bisa membawa teman kamu ke jalan yang benar.

3. Ikuti perkumpulan positif

Untuk menambah teman dan menambah pengalaman, kamu bisa gabung dengan perkumpulan positif seperti organisasi sekolah, pramuka, atau seminar. Melalui acara-acara tersebut kita bisa menambah teman dan pengetahuan tentang dunia remaja. Dengan demikian, kamu bisa memiliki bekal buat mencari jati diri.

4. Jangan terlihat “gampangan”

Anak-anak nakal pasti nggak bakal berani mengajak kita berbuat nakal jika kitanya nggak terlihat “gampangan”. Ya, kamu harus berani menolak jika diajak melakukan hal-hal yang tidak benar. Kalau sudah tahu nggak bener, ngapain kamu ikutin? Yang ada kamu bakal rugi sendiri lho. “Say no to drugs and say no to free sex.”

5. Punya pendirian

Kamu jangan jadi ABG labil. Kamu itu harus punya pendirian dan jangan mau diprovokasi oleh temen nakal. Ya, mungkin kamu bakal dikatain banci gara-gara nggak berani pake narkoba, mungkin kamu bakal diputusin pacar gara-gara nggak mau diajak nge-seks. Tapi percaya lah bahwa hal itu lebih baik daripada masa depan kamu yang hancur.

Jadi lah remaja yang punya pendirian agar punya masa depan yang cerah. Semoga bermanfaat ya sobat!

(YG)

*Buat kamu yang jago nulis artikel tentang cara atau tips seputar sekolah, yuk kirim tulisan kamu ke CiriCara.com. Melalui CiriCara.com, kamu bisa memperlihatkan artikel karya kamu ke seluruh dunia. Tapi ingat! Artikel yang kamu kirim harus murni karya sendiri, bukan hasil Copas (Copy Paste) dan pastiin belum pernah kamu tulis di media manapun, koran, blog, atau forum. Minimal 300 kata, ya.

Comment di sini