Hari AIDS Sedunia: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Masyarakat

by
December 2nd, 2014 at 9:08 am

CiriCara.com – Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat di seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari AIDS Sedunia. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa tahu dan waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV ini.

hari aids sedunia

Ist

Seperti dikutip dari Wikipedia, penetapan Hari AIDS Sedunia ini dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, pada tahun 1987. Setelah dilakukan pembicaraan dengan Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global, Swiss (kini UNAIDS) disepakati sejak tahun 1988 tanggal 1 Desember akan diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia

Dengan adanya Hari AIDS Sedunia (HAS) tersebut, masyarakat diharapkan bisa lebih mengeteri dan tahu soal penyakit AIDS. Dengan demikian penyebaran AIDS bisa terus ditekan sampai benar-benar tidak ada korban yang terjangkit.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia di peringatan Hari AIDS Sedunia ini?

1. Pencegahan penularan baru HIV & AIDS

Anda juga harus ikut serta dalam melakukan pencegahan penularan penyakit AIDS terhadap diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat lain. Caranya, tentu dengan tidak melakukan seks bebas, jangan pakai narkoba, dan terapkan pola hidup sehat.

Buat perempuan-perempuan, jangan mau digombalin sama laki-laki, kita harus berani menolak ajakan seks dari pacar kita, karena sebenarnya virus (HIV) ini bisa dicegah jika ada proteksi diri dari masing-masing pasangan,” jelas Dr Sonia Wibisono (UMM.ac.id).

2. Jangan jauhi penderita HIV & AIDS

Kebanyakan orang akan menjauhi dan mengucilkan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) karena takut tertular. Padahal para ODHA ini juga butuh dukungan untuk tetap terus bertahan hidup. Anda tidak perlu khawatir, karena virus HIV tidak akan menular melalui sentuhan.

“Jauhi penyakit HIV/AIDS, tapi jangan jauhi ODHA.”

3. Penanggulangan HIV & AIDS

Baik masyarakat maupun pemerintah harus mau bersama-sama melakukan penanggulangan HIV & AIDS. Penyebaran virus ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi masyarakat itu sedniri juga harus ikut serta. Diantaranya, menghilangkan tempat-tempat prostitusi yang rawan penyebaran virus HIV.

4. Optimalkan komunikasi dan informasi terkait HIV & AIDS

Buat masyarakat yang belum begitu mengetahui penyakit AIDS bisa langsung bertanya ke dokter di rumah sakit atau puskesmas setempat. Semakin Anda tahu, maka Anda akan semakin waspada. Jika diperlukan adakan seminar kesehatan seputar AIDS di kelurahan agar masyarakat jadi lebih tahu dan mengerti harus berbuat apa untuk mencegah HIV/AIDS.

Mari kita bersama-sama menciptakan dunia yang sehat dan terbebas dari penyakit HIV & AIDS. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini