Cara Tetap Sehat Sambil Menikmati Waktu Liburan

by
December 3rd, 2014 at 8:32 am

CiriCara.com – Siapa yang tidak suka pergi berlibur? Pergi berlibur bersama keluarga atau sahabat tentunya sangat menyenangkan. Pergi dan bersantai tanpa perlu khawatir dengan hal lain. Liburan yang paling saya senangi adalah pergi ke pantai. Tidak ada yang membuat saya lebih bahagia daripada merasakan pasir di antara jari-jari kaki saya.

persiapan liburan

Pergi liburan – Ist

Jika kalian telah mengikuti pola hidup sehat, kalian mungkin menemukan diri kalian benar-benar dilempar keluar jalur saat berlibur. Meskipun saya sepenuhnya setuju liburan adalah waktu untuk bersantai dengan mengambil risiko membuang bulan-bulan kerja keras dalam hitungan beberapa hari.

Bagi kalian yang khawatir tentang pergi berlibur dan ingin tetap sehat, saya telah mengumpulkan beberapa tips yang membantu agar tetap bisa bersenang-senang selama liburan.

1. Porsi Ukuran Makanan

Sebagian besar dari kita makan di restoran ketika sedang berlibur. Salah satu alasan mengapa makan di restoran bisa begitu merusak pola hidup sehat adalah karena banyak restoran yang menyajikan makanan dalam porsi besar dan kita cenderung untuk makan lebih banyak ketika ada lebih banyak makanan di depan kita.

Hal ini sering menyebabkan kita makan berlebihan dan mendorong diri kita melewati titik merasa kenyang. Jangan merasa menyesal untuk menyisakan makanan di piring jika kalian sudah merasa kenyang. Kalian bisa meminta pelayan untuk mengambil piring kalian sehingga kalian tidak akan tergoda untuk memakan lagi.

2. Minuman & Kudapan

Hati-hati dengan minuman yang kalian minum. Sangat penting untuk menjadikan air putih menjadi pilihan buat sebagian besar makanan. Minuman soda dan minuman manis hanya untuk kesenangan, itu akan menambah kalori yang tidak perlu untuk asupan harian. Selama liburan, tentunya kalian tidak mau menambah jumlah kalori, terutama jika kalian tidak teratur berolahraga.

Berhati-hatilah ketika memesan kudapan. Selalu memilih salad atau sayuran kukus dari pada makanan yang digoreng.
Sedang berlibur berarti memodifikasi pilihan makanan agar sesuai dengan gaya hidup kalian. Lakukan observasi sebelum pergi dan temukan kafe dan restoran yang memiliki berbagai makanan yang dapat dipilih, sebisa mungkin pesanlah makanan yang yang tidak berlemak dan digoreng.

3. Tetap Aktif

Hal terakhir yang ingin dilakukan saat berlibur adalah pergi nge-gym, tapi kalian masih bisa tetap merasa aktif dengan cara lain. Jika berada di pantai, cobalah pergi berjalan-jalan menyusuri pesisir pantai selama paling tidak 45 menit setiap pagi atau melakukan beberapa olahraga air, seperti berselancar atau berdayung di atas perahu. Jika berlibur di daerah bersalju, tidak ada yang lebih baik selain olahraga musim dingin atau berjalan di atas salju yang tebal. Bahkan jika pergi ke kota yang berbeda, sebisa mungkin berjalan kaki sampai ke tempat tujuan dari pada memanggil taksi. Selalu mencari alasan untuk berada di luar dan aktif.

Tips paling utama yaitu berjalanlah ke mana pun dan kapan pun yang kalian bisa. Jangan selalu memakai taksi atau bus. Berjalan juga merupakan salah satu cara untuk menikmati pemandangan dan mencoba berbaur dengan masyarakat setempat. Sambil menikmati pemandangan, kalian tidak akan sadar seberapa jauh kalian telah berjalan.

Saya berharap kalau tips di atas akan membantu. Yang perlu diingat adalah selalu aktif dan kreatif.
Selamat berlibur…

Penulis: Jessica Laurensia

Comment di sini