Hendra Wijaya: Melihat Dunia dengan Berlari

by
December 3rd, 2014 at 4:24 pm

CiriCara.com – Olah raga lari pada saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia terutama anak-anak muda Indonesia. Jenis lari yang sedang digandrungi saat ini adalah lari maraton di mana lari maraton adalah ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya (offroad).

hendra wijaya

Hendra Wijaya – Ist

Nama maraton itu sendiri berasal dari legenda Pheidippides. Untuk lomba lari maraton di Indonesia, biasanya jarak yang dipertandingkan untuk suatu perlombaan maraton berkisar antara 5k-10k. Sudah banyak perlombaan maraton yang dilakukan di Tanah Air, terutama di kota-kota besarnya.

Lari maraton memang sedang digemari kalangan muda maupun tua di Indonesia. Tak heran, lari maraton ini juga dikenal sebagai olahraganya semua kalangan, tua muda, wanita pria, semua boleh ikut lari maraton. Berbeda dengan lari ekstrim. Apakah Anda pernah dengan pelari ekstrim?

Mungkin terdengar asing oleh kita yang memang tidak tahu apa itu lari ekstrim. Meskipun demikian, ternyata Indonesia memiliki salah seorang atlet pelari ekstrim yang menginspirasi masyarakat. Namanya pun sudah eksis di ajang lari ekstrim tingkat dunia. Siapa kah pelari ekstrim tersebut?

Dia adalah Hendra Wijaya pelari ekstrim Indonesia. Hendra mengikuti kompetisi lari ultra yang merupakan perlombaan lari jarak jauh dengan jarak lebih dari 50 km. Kompetisi lari ultra ini biasanya digelar di berbagai negara di dunia yang tentunya diikuti oleh pelari-pelari kelas dunia.

Menurut Hendra, perlombaan lari ultra terdiri dari dua kategori yaitu ultra road yang diadakan di jalan dan ultra trail yang diadakan di gunung, pantai dan hutan. Jarak yang ditempuh pun tidak main-main, seperti lomba Ultra trail di Italia “Tor Des Geants” yaitu 330km. Perlombaan-perlombaan ini telah menjadi jalan bagi Hendra yang sebelumnya tidak pernah ke luar negeri, untuk berpergian ke berbagai negara untuk berkompetisi.

Hendra senang mengikuti lomba-lomba lari ultra di berbagai negara karena ia menyenangi petualangan-petualangan yang didapatkan selama lomba. Ia mendapatkan berbagai pengalaman unik seperti berlari di bawah suhu dingin Hong Kong dan tanpa penunjuk arah di Australia.

Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk jadi seorang atlet yang bisa keliling dunia seperti Hendra?

Penulis: Annisa Nurachmi Castriana

Comment di sini