Kanker Serviks: Ciri-Ciri dan Pencegahannya

by
December 3rd, 2014 at 8:54 am

CiriCara.com – Salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti kaum wanita saat ini adalah kanker serviks. Kanker serviks atau dikenal dengan kanker mulut rahim ini menimpa wanita yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Dari data WHO yang ada, tercatat ribuan wanita yang meninggal karena penyakit ini untuk setiap tahunnya dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

penyakit kanker

Kanker – Ist

- Penyebab Kanker Serviks

Salah satu penyebab dari kanker serviks adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, penyebarannya dapat melalui cairan maupun sentuhan kulit. Kebiasaan hidup yang kurang baik dapat menyebabkan terjangkitnya kanker serviks, seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin, sering melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, adanya keturunan kanker dan penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama.

- Ciri-ciri Kanker Serviks

Pada saat tahap awal, perkembangannya akan sulit untuk dideteksi oleh karena itu disarankan pada wanita untuk melakukan test Pap Smear setidaknya 2 tahun sekali dan melakukan test IVA. Walaupun sulit untuk dideteksi, namun ciri-ciri berikut dapat menjadi gambaran untuk mengetahui gejala kanker serviks:

  • Sering mengalami sakit pada daerah pinggul
  • Mengalami keputihan dan menstruasi secara berlebihan
  • Mengalami sakit saat buang air kecil

- Pencegahan Kanker Serviks

1. Melakukan test Pap Smear secara teratur

Pap Smear merupakan metode skrining untuk dapat mendeteksi kanker serviks. Ketika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi. Adapun anjuran untuk Anda yang ngin mencegah sejak dini dapat melakukan Pap Smear setahun sekali untuk wanita yang berumur 35 tahun, wanita pengguna pil kontrasepsi. Untuk melakukan Pap Smear sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kelamin untuk info lebih lanjut tentang Pap Smear.

2. Vaksin HPV

Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Vaksin dapat diberikan pada kelompok umur 11-26 tahun. Vaksin diberikan pada bulan 0,1 dan bulan ke-6. Vaksinasi hanya dilakukan untuk pencegahan bukan untuk pengobatan.

3. Hindari hubungan seks bebas

HPV yaitu virus penyebab kanker serviks yang dapat menular melalui hubungan seksual. Resiko ini semakin tinggi ketika seseorang sering bergonta-ganti pasangan. 

4. Gaya hidup sehat

Beberapa cara yang dapat dilakukan wanita agar terhindar dari kanker serviks adalah melakukan olahraga secara teratur, tidak merokok, mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi. Hal yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta memilih makanan yang sehat.

5. Produk kimia berbahaya

Kandungan berbahaya yang terdapat di dalam pembungkus dan bahan plastik yang terkena panas memicu timbulnya kanker. Kurangilah penggunaan sterefom, bahan plastik yang di panaskan.

Penulis: Citra Puspita

Comment di sini