Cara Memilih Taksi Agar Aman dari Perampokan

by
December 4th, 2014 at 10:06 am

CiriCara.com – Pelaku perampokan saat ini punya banyak cara untuk menggasak harta korban. Mulai dari melakukan pemalakan di tempat sepi, hingga perampokan di dalam taksi. Karenanya Anda harus waspada dan lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

taksi

Ist

Seperti yang baru-baru ini terjadi, dua orang karyawati menjadi korban perampokan saat naik taksi. Harta milik kedua korban habis dikuras pelaku perampokan tersebut. Mulai dari handphone, laptop, hingga saldo di ATM pun ludes diambil pelaku.

Anda tentu tidak mau kan menjadi korban perampokan di dalam taksi? Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih taksi. Jangan sampai, taksi yang dipilih untuk mengantar Anda ternyata taksi perampok.

Berikut beberapa cara aman memilih taksi di Jakarta:

1. Pilih taksi yang sudah terdaftar

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengimbau agar masyarakat sebaiknya memilih taksi yang sudah terdaftar. Lihat nomornya dan lihat juga nama armada yang menaungi taksi tersebut, apakah sudah terpercaya atau masih diragukan.

2. Jangan tergiur tarif murah

Pilih taksi yang memang sudah terkenal karena pelayanan dan keamanannya. Walau pun tarifnya tentu lebih mahal, tapi keamanan Anda terjamin. Jangan tergiur dengan tawaran tarif murah, apalagi jika Anda ragu-ragu dengan armada taksi tersebut.

3. Catat identitas taksi

Usahakan untuk selalu mencatat nomor polisi taksi dan nomor pintu taksi. Hal ini bermanfaat jika nantinya terjadi perampokan, sehingga polisi dapat dengan mudah melacak pelaku. Jangan lupa juga untuk memastikan apakah wajah sopir sama dengan foto di identitas sopir taksi tersebut. Hal ini mencegah sopir tembak.

4. Jangan sendirian

Hindari berpergian seorang diri, apalagi jika Anda merupakan perempuan. Melakukan perjalanan seorang diri hanya akan membuat Anda jadi sasaran empuk para pelaku perampokan, baik itu di taksi atau di angkutan umum lainnya.

5. Lapor polisi

Buang jauh-jauh anggapan melapor ke polisi hanya bikin ribet. Jika Anda jadi korban perampokan, usahakan untuk segera lapor polisi. Dengan demikian, polisi bisa secepatnya melacak keberadaan pelaku yang kemungkinan masih keliling mencari korban lain.

Selain kelima cara di atas, tentunya Anda juga harus mengawalinya dengan doa. Semoga perjalanan Anda menggunakan taksi tetap aman, baik itu dari perampokan maupun kecelakaan, agar bisa sampai tempat tujuan dengan selamat.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini