Kemanfaatan Vitamin E dan Fungsinya

by
December 4th, 2014 at 11:49 am

CiriCara.com – Vitamin E atau Tokoferol merupakan sekelompok vitamin yang larut dalam lemak seperti halnya vitamin A dan vitamin D. Dosis yang dianjurkan untuk dikonsumsi harian adalah 7 miligram. Kekurangan vitamin E ini sangat jarang terjadi, akan tetapi biasanya ditandai dengan proses luka dengan penyembuhan yang lambat.

vitamin e

Vitamin E – Ist

Dan apabila kekurangan vitamin E ini adanya gejala dengan meningkatnya misalnya asam lambung, sakit kepala, terlalu cepat lelah dan lemah otot. Vitamin E terdapat pada jenis sayuran diantaranya minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, biji bunga matahari, minyak zaitun, buncis, ubi jalar dan sayuran-sayuran yang berwarna hijau.

Kemanfaatan vitamin E ini masih dipercaya sebagai antioksidan alami, penyembuhan dan pencegahan bekas luka, menjaga kesehatan strukutr sel darah merah dan saraf serta melindungi membran sel yang telah rusak, untuk kekebalan tubuh, mengatasi stress, meningkatkan kesuburan, meminimalkan resiko kanker serta penyakit jantung koroner.

Kemanfaatan vitamin E lainnya seperti kesehatan kulit yang berperan untuk meningkatkan elastisistas dan kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, melindungi dan mengganti kulit dari kerusakan akibat ultraviolet dan radiasi. Bagi remaja yang baru menginjak dewasa dan menginginkan kulit yang putih, bisa juga mengkonsumsi vitamin E, karena vitamin E ini juga berperan menjaga bagi kesehatan kulit luar, disamping itu pula vitamin E mencegah proses penuaan dini.

Kemanfaatan vitamin E ini juga dikandung pada buah-buahan tertentu, pada buah Alpukat, vitamin E ini dikandung pada buah tersebut sebanyak 100 gram yang diperlukan oleh tubuh seseorang. Buah Alpukat juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol dalam darah.

Pada buah lainya seperti buah mangga, vitamin E terdapat pada buah mangga sebanyak 2 sampai 3 miligram. Sehingga buah mangga dipercaya sebagai penyembuhan serta menyehatkan mata, menjaga proses pencernaan, menjaga sembelit, serta menjaga keasaman, meningkatkan daya ingat pada otak, pencegahan kanker dan jantung serta melawan diabetes.

Pada buah kiwi, kemanfaatan vitamin E sangat berguna bagi kesehatan seperti mengobati gejala impotensi, pencegahan diabetes lebih awal.

Demikian beberapa hal mengenai kemanfaatan vitamin E dan fungsinya, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini