Miopia (Mata Minus): Bagaimana Menyembuhkannya?

by
December 4th, 2014 at 9:07 am

CiriCara.com – Miopia atau biasa dikenal dengan sebutan mata minus atau rabun jauh merupakan suatu keadaan dimana mata mengalami gangguan untuk melihat objek dari jarak yang jauh. Tetapi mata dapat melihat jelas objek yang berada dalam jarak dekat. Biasanya objek yang dilihat dari jarak jauh akan berbayang atau tidak terlihat jelas.

Miopia tidak hanya menimpa orang dewasa, tetapi saat ini sudah banyak anak-anak dan remaja yang mengalami gangguan ini.

mata minus

Mata minus – Ist

Penyebab Mata Minus

Penyebab utama miopia atau mata minus adalah gaya hidup. Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir rata-rata orang yang berada di wilayah perkotaan menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan resiko terjadinya mata minus.

Terlalu sering membaca dengan cahaya yang kurang atau redup dan menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat juga dapat menjadi penyebab timbulnya mata minus. Selain itu, mata minus juga bisa terjadi karena adanya faktor genetika atau keturunan.

Ciri-Ciri Mata Minus

Mata minus memiliki beberapa tanda atau gejala antara lain:

- Pusing
- Mata mudah lelah
- Sulit untuk melihat jauh objek seperti tanda-tanda pada suatu tempat

Tips Mengurangi Mata Minus

Sebagian orang mengobati mata minus dengan melakukan operasi lasik. Namun, operasi lasik membutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Tetapi, tips berikut ini dapat mudah dilakukan untuk mengurangi minus pada mata tanpa harus melakukan operasi lasik.

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Seringlah untuk makan atau minum jus wortel secara rutin setiap hari. Wortel memiliki vitamin A yang dapat membantu untuk merawat kesehatan mata.

2. Istirahatkan mata

Terlalu lama menatap layar gadget dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Istirahatkan mata sejenak dengan melihat tanaman atau hamparan rumput yang berwarna hijau. Selain itu, dapat juga melakukan pemijatan ringan pada kedua kelopak mata yang dapat mengurangi mata lelah.

3. Kurangi penggunaan kacamata atau kontak lens

Salah satu cara yang dapat membantu penglihatan adalah menggunakan bantuan kacamata atau kontak lens. Namun, terlalu sering menggunakan kacamata atau kontak  lens juga memberikan dampak yang kurang baik bagi mata apalagi jika penggunannya yang tidak sesuai. Cobalah untuk sering melatih mata dengan mengurangi pemakaian kacamata atau kontak lens saat tidak terlalu dibutuhkan.

4. Penggunaan daun sirih

Daun sirih memiliki manfaat yang dapat membantu mengurangi minus pada mata. Caranya, ambil 2 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih lalu tempelkan pada kelopak mata saat ingin tidur.

5. Kacamata Pinhole

Kacamata ini memiliki lubang-lubang kecil yang dapat membantu otot-otot pada mata untuk menyesuaikan dan memberikan fokus pada objek atau keadaan sekitar. Kacamata ini bisa didapatkan pada klinik yang telah disarankan oleh dokter mata.

Penulis: Mayriska Kurniasari

Comment di sini