6 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

by
December 5th, 2014 at 4:53 pm

CiriCara.com – Seperti vitamin A, vitamin D atau vitamin E, vitamain C juga termasuk vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal radikal bebas. Nama lain vitamin C ini adalah senyawa asam askorbat dan merupakan senyawa paling umum.

vitamin c

Buah yang mengandung vitamin C – Ist

Banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C. Yang paling dikenal oleh kebanyakan orang adalah buah jeruk, tetapi anggapan itu tidak semuanya benar sebab buah-buahan seperti jambu biji, pepaya, lemon serta buah kiwi ternyata mengandung vitamin C yang banyak sekali.

Kegunaan vitamin C tidak saja sebagai penyehat badan, tetapi vitamin C ternyata mempunyai fungsi untuk mengatasi flu, sistem kekebalan tubuh, antioksidan, penyakit mata, kesehatan kulit, kanker ;

- Mengatasi flu. Memang secara tidak langsung, tetapi bila seseorang mengkonsumsi vitamin C maka akan mempercepat penyembuhan dari penyakit flu.

- Kekebalan tubuh. Mengkonsumsi vitamin C mempunyai peranan penting dalam menjaga daya tahan butuh dari serangan dari beberapa virus yang berbahaya

- Antioksidan. Kegunaan vitamin C sebagai antioksidan yang berguna untuk memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas

- Kanker. Bagi orang terutama wanita yang sering mengkonsumsi vitamin C yang berupa buah-buahan dan sayuran (bukan suplemen) mempunyai kemanfaatan yaitu mempunyai resiko rendah terkena kanker baik ringan atau ganas

- Penyakit mata. Katarak merupakan golongan penyakit mata yang bisa terjadi pada setiap orang, mengkonsumsi vitamin C ini dapat mencegah penyakit katarak.

- Baik untuk kesehatan kulit. Untuk kecantikan kulit, vitamin C sangat berperan penting yang bisa melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat segar. Vitamin C akan merangsang kolagen kulit dalam menjaga kerusakan kulit.

Setiap kemanfaatan pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Nah pada vitamin C juga demikian bila terjadi kekurangan vitamin C maka akan mengakibatkan kehilangan nafsu makan, kram otot, kulit menjadi kering, rambut menjadi bercabang, gusi berdarah-darah, anemia, infeksi, penyembuhan terhadap penyakit akan lambat.

Dan bila terjadi kelebihan yang terjadi adalah terjadi diare, terjadi peningkatan pada asam lambung, nyeri saat buang air kecil atau besar. Untuk itu, cukupilah asupan vitamin C pada tubuh Anda. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit agar tidak keurangan. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini