Jutaan Asteroid Mengancam, Bumi Akan Kiamat?

by
December 5th, 2014 at 10:15 am

CiriCara.com – Ancaman asteroid terhadap kelangsungan kehidupan di bumi semakin dikhawatirkan para ilmuwan. Pasalnya, ada ribuan bahkan hingga jutaan asteroid yang siap menghantam bumi di masa depan dan tentunya bisa memicu kehancuran bumi atau kiamat.

asteroid

Asteroid hantam bumi – Ist

Untuk mencegah hal itu terjadi, sekitar 100 ilmuwan dan astronot dunia akan melakukan pertemuan pada tanggal 30 Juni 2015. Tujuannya tentu saja untuk melindungi bumi dari hantaman asteroid yang bisa mengakhiri kehidupan bumi.

Menurut berita yang dilansir Daily Mail, 3 Desember 2014, dipilihnya tanggal 30 Juni itu karena bertepatan dengan insiden jatuhnya asteroid terbesar yang pernah menghantam bumi, tepatnya di Tunguska, Siberia, tahun 1908. Asteroid ini mampu menimbulkan kehancuran hingga radius 2000 kilometer persegi.

Tidak mau insiden serupa terjadi di masa depan, para ilmuwan pun sepakat untuk melakukan pertemuan demi meningkatkan pengawasan terhadap asteroid-asteroid tersebut. Dari jutaan asteroid, saat ini ada sekitar 10.000 asteroid yang berhasil didata para ilmuwan.

Jika melihat jumlah tersebut, tentu potensi bumi dihantam asteroid itu masih cukup tinggi. Apalagi masih banyak asteroid yang belum bisa didata dan tentunya bisa mengancam bumi secara tiba-tiba.

Menurut Dr. Brian Maid, salah satu ilmuwan yang akan menghadiri pertemuan tersebut mengatakan bahwa tinggal menunggu waktu sampai akhirnya asteroid itu menghantam bumi. Karenanya perlu dilakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi hantaman.

“Semakin jelas bila manusia bisa hidup sampai sekarang berkat waktu ‘pemberian’,” ujar Dr. Brian.

Meskipun demikian, Dr. Ed Lu mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada teknologi untuk merubah arah lintasan asteroid agar tidak menghantam bumi. Namun, menurut Dr. Ed, cara tersebut akan percuma jika tidak bisa mendeteksi keberadaan asteroid tersebut.

Dr. Ed mengatakan, membelokan lintasan asteroid itu bisa dilakukan jika para ilmuwan punya waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya terjadi benturan dengan bumi. Itu artinya, sangat penting untuk para ilmuwan mendeteksi keberadaan jutaan asteroid tersebut.

Karenanya, saat ini para ilmuwan telah menyiapkan rencana untuk membuat teleskop luar angkasa untuk mendeteksi jutaan asteroid tersebut. Dengan cara ini diharapkan semua asteroid yang akan menghantam bumi bisa dideteksi dan kemudian belokkan agar tidak menghantam bumi.

Tapi, apakah rencana tersebut akan mampu mencegah hantaman asteroid di masa depan? Bagaimana menurut Anda?

(YG)

Comment di sini