Cara Hidup Sehat Ala Penderita Maag

by
December 8th, 2014 at 11:17 am

CiriCara.comGuys, pernah kan kamu menyepelekan rintihan dari dalam perutmu. Pernah kan kamu mencampakannya sama halnya ketika kamu menyampakkan orang yang telah melukai hatimu? Coba deh bayangin jika yang kamu lakuin itu menimpa dirimu guys, sakit tidak? Sakit kan? Begitulah yang dirasakan si perut ketika kau campakan. Sakitnya tuh di sini. Mak jleb jleb kalau kata anak muda jaman sekarang.

sakit maag

Sakit Maag – Ist

Guys, tahu kah kamu jika seringnya kita menunda makan dapat menyebabkan kerusakan pada lambung? Dan tak jarang penyakit maag nempel di lambung dan tidak mau ilang-ilang? Nah, jika si maag udah nempel di lambung kita, otomatis kita tidak dapat lagi makan sembarangan. Karena penderita maag tidak boleh makan sembarangan dan pola makan yang sembarangan pula. Harus dengan menu makanan sehat dengan kriteria seperti tekstur lembut, tidak mempunyai rasa yang tajam, porsi tidak terlalu besar, dan lain sebagainya. Nah lo, kalau sudah begini repot bukan?

Jika lambung sudah terjangkit maag, berabe jadinya guys. Salah makan sama dengan memperparah penyakit. Tidak suka kan kalau jadi orang yang penyakitan? Ndak boleh makan ini lah, itu lah, dikit-dikit minum obat itu lah, ini lah. Rempong keles. Berbicara masalah obat, bagi kalian para penderita maag tidak usah pusing-pusing mencari obat. Karena ada banyak cara untuk mengusir si maag dari lambung kita. seperti di bawah ini:

1. Makan lah makanan yang bergizi setidaknya mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan air. Jangan terlalu besar porsinya, secukupnya saja dan makan lah setiap 3 jam sekali.

2. Jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gas berlebih seperti kubis, kembang kol, nangka, durian, kopi, minuman bersoda dan berakohol.

3. Makanan sebaiknya tidak berbumbu tajam seperti asam jawa, blimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, cabai, lada, cuka dan rempah-rempah lainya karena akan merangsang produksi asam lambung.

4. Hindari pula makanan berbahan dasar dari beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart karena susah untuk dicerna.

5. Hindari juga makanan yang mengandung tinggi garam dan kecap. Karena kedua bahan ini dapat meningkatkan resiko sakit maag.

6. Hindari obat-obatan anti inflamasi, seperti ibuprofen atau aspirin.

7. Hindari sering mengunyah permen karet, karena akan membantu merangsang produksi asam lambung.

8. Hindari makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

9. Makanan seperti daging tinggi lemak, susu tinggi lemak, makanan manis, dan makanan yang digoreng agar si maag segera hilang dari lambung.

Nah, guys itu tadi beberapa cara sehat agar penyakit maag tak lagi bersarang di dalam lambung kalian. Semoga bermanfaat ya guys. Salam sehat.

Penulis: Dyla Aerchy

Comment di sini