Cara Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat

by
December 8th, 2014 at 8:55 am

CiriCara.comKucing merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan. Oleh karena itu, banyak orang memelihara kucing, baik kucing luar negeri dan kucing ras. Pada dasarnya, baik kucing luar maupun dalam negeri membutuhkan perawatan yang sama. Hanya saja kucing anggora dan kucing berbulu panjang lainnya membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga bulu agar tidak rontok.

pelihara kucing

Perempuan penyayang kucing – Ist/Jambiupdate.com

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kucing Ada agar tetap sehat:

1. Makanan kucing

Kucing peliharaan sebaiknya diberi makanan khusus kucing. Selain bergizi seimbang, makanan kucing juga terjamin. Sehingga dapat terhindar dari penyakit pencernaan seperti diare atau keracunan.

Dosisnya juga harus sesuai dengan berat badan kucing. Untuk kucing dengan berat badan 2,3-4,1kg, dosis yang pas adalah 30-59gr. Sedangkan untuk kucing yang beratnya 4,5-6,3kg, dosisnya 78-117gr. Jadwal pemberian makanannya pun harus diatur. Pada umumnya pagi dan sore hari masing-masing sekali, sesuai dosis yang telah ditentukan.

Timbanglah dulu kucing Anda untuk menyesuaikan dosisnya. Apabila makanan yang diberikan terlalu banyak, kucing bisa mengalami obesitas. Hal ini sangat membahayakan jantungnya.

2. Vitamin kucing

Vitamin memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kucing terhadap penyakit flu. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan daya penglihatan, konsentrasi dan ketangkasan kucing. Berilah vitamin yang mengandung minyak ikan kod, yang terkenal sangat banyak manfaatnya.

3. Bulu kucing

Kucing berbulu pendek umumnya tidak memerlukan perawatan khusus. Sedangkan kucing berbulu panjang seperti kucing anggora sesekali harus dibawa ke salon hewan untuk grooming. Apabila Anda memandikan sendiri kucing Anda di rumah, gunakanlah shampoo anti kutu agar kucing Anda terbebas dari kutu dan kondisioner yang berbahan dasar minyak kelapa, sehingga bulu kucing mudah diatur dan berkilau.

Tempat tidur kucing juga harus diperhatikan secara rutin jika Anda tidak ingin bulu kucing kesayangan Anda ditumbuhi jamur. Tempat tidur yang tidak terkena matahari, lembab dan kotor, sangat rentan terhadap serangan jamur. Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan tempat tidurnya.

4. Daun telinga

Daun telinga kucing perlu dibersihkan agar debu dan kotoran yang menempel tidak jatuh masuk ke dalam kuping. Obat telinga kucing tersedia di toko hewan. Cara menggunakannya cukup dengan membasahi kapas dengan cairan pembersih kuping, lalu dioleskan secara perlahan di bagian luar kuping, yaitu daun telinganya.

5. Obat Cacing

Kucing yang sehat adalah kucing yang aktif dan lincah. Apabila kucing Anda lebih banyak tidur dan lambat dalam merespon, maka kucing Anda terindikasi cacingan.

Kucing perlu diberi obat cacing setiap 3 bulan sekali. Dosisnya pun sesuai dengan berat badannya. 1 tablet obat cacing adalah untuk kucing seberat 4 kg. Jadi apabila kucing Anda beratnya adalah 6 kg, maka dosisnya adalah satu setengah tablet. Obat cacing yang ampuh bisa membunuh seluh spektrum cacing, sehingga kucing dapat tetap bergerak aktif dan lincah.

Nah, pembahasan di atas semoga bermanfaat buat Anda. Pastikan kucing Anda selalu sehat dan lincah.

Penulis: Gunawanshela

Comment di sini