Mandi Air Dingin Bisa Membuat Langsing

by
December 8th, 2014 at 11:33 am

CiriCara.com – Banyak cara yang dilakukan orang agar dapat memiliki tubuh ideal, mulai dari olahraga, diet sampai dengan terapi. Berbagai usaha pun telah dilakukan, namun semuanya tidak membuahkan hasil.

Mandi Air Dingin

Mandi Air Dingin – Ist

Memiliki tubuh ideal memang baik, tetapi kita juga perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempercepat kita mencapai tubuh ideal.

Untuk memiliki tubuh ideal, Anda cukup melakukan hal yang sangat mudah dan murah meriah, yaitu mandi dengan air dingin. Banyak orang berpendapat bahwa mandi air dingin dapat membuat Anda masuk angin. Oleh sebab itu, lebih banyak orang yang memilih mandi dengan air hangat. Padahal mandi dengan air dingin bisa melangsingkan tubuh. Bagaimana bisa?

Ketika Anda mandi air dingin, secara alami air dingin mampu merangsang produksi lemak coklat yang dapat membakar timbunan lemak jahat di dalam tubuh. Selain itu, metabolisme tubuh akan terjaga dan mampu membuat Anda lebih kuat menjalani aktivitas hingga 12-15 jam.

Venice A. Fulton, seorang personal trainer dari London mengungkapkan bahwa, “Suhu dingin akan merangsang jaringan lemak di tubuh untuk membakar ekstra kalori. Cara ini juga bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh”. Mandi air dingin meningkatkan sistem metabolisme selama 12 hingga 15 jam sehingga sirkulasi darah lancar.

Air hangat akan membuat darah mengalir terburu-buru ke daerah permukaan kulit demi memproteksi organ-organ di dalam tubuh. Sedangkan bila tubuh dibasuh dengan air dingin, darah justru akan banyak mengalir ke organ agar mereka tetap hangat sehingga sirkulasi tubuh lancar. Anda juga bisa mengurangi stress fisik dan mental karena air dingin akan membawa darah ke kapiler yang meningkatkan sistem peredaran darah dan merilekskan otot-otot yang tegang.

Tertarik untuk mengikuti metode ini? Ikuti saja cara-cara berikut ini:

1. Putar keran air ke arah air dingin. Siapkan air di bath-up dengan suhu sekitar 15 derajat celcius. Agar suhunya tepat, Anda bisa menggunakan termometer..

2. Setelah air di dalam suhu yang tepat, pastikan air cukup menutupi pusar Anda saat duduk di bath-up.

3. Mulai lah rendam kaki Anda terlebih dahulu, kemudian duduklah di bath-up sambil berendam selama 5 menit. Jika Anda kuat, masukkan lah seluruh tubuh Anda ke air dingin.

4. Rendamlah tubuh sambil memakai sabun dan membilasnya, sehingga Anda tidak merasa bosan.

Jika Anda merasa kedinginan, jangan langsung mandi air hangat. Basuh tubuh terlebih dahulu dengan handuk tebal dan keringkan. Cara ini tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes dan darah tinggi.

Semoga dengan mandi air dingin badan Anda lebih segar dan terbebas dari stress. Hal terpenting adalah Anda dapat memperoleh badan ideal hanya dengan air dingin. Selamat mencoba!

Penulis: Dhita Medhavi

Comment di sini