10 Hal Penting untuk Memulai Bisnis Online!

by
December 9th, 2014 at 9:40 am

CiriCara.com – Seiring perkembangan zaman, berbisnis dapat lebih mudah untuk dilakukan. Kini, berbisnis atau membuka usaha, dapat dilakukan dengan cara online. Sebagian masyarakat sudah membuka peluangnya di media sosial untuk menjual barang/jasa nya kepada target pasarnya masing-masing. Namun, tidak sedikit pebisnis online hanya mengandalkan gadget dan provider saja untuk memulai bisnisnya. Pada dasarnya, masih banyak hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

bisnis online

Toko online – Ist

Berikut adalah 10 hal penting yang perlu diperhatikan untuk memulai berbisnis online:

1. Barang/Jasa

Tentukan dan pikirkan secara matang tentang barang atau jasa apa yang akan Anda jual di online shop Anda nantinya. Sesuaikan pula dengan target pasar yang menjadi sasaran penjualan Anda. Pilih lah barang yang unik dan memiliki saingan yang tidak terlalu banyak. Ikuti pula perkembangan trend dari masyarakat sekitar.

2. Harga

Menentukan harga yang sesuai dengan tingkat ekonomi dari target pasar: Sebisa mungkin, Anda harus menyesuaikan harga barang yang akan Anda jual dengan tingkat ekonomi dari target pasar Anda dan juga disesuaikan dengan kualitas dari barang tersebut.

3. Kejujuran

Barang yang Anda jual harus sesuai dengan foto yang Anda unggah di media sosial tempat Anda berjualan. Karena, tidak jarang online shop yang kurang jujur dalam berbisnis sehingga banyak pelanggan yang merasa dirugikan dalam hal tersebut.

4. Kesabaran

Sebagai admin dari bisnis online Anda sendiri, Anda harus sabar dalam menghadapi pelanggan yang rewel, agar mereka tetap nyaman berbelanja di online shop Anda.

5. Respon yang cepat

Semakin cepat dan semakin jelas respon yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan nilai plus di mata pelanggan. Hal ini biasanya juga sangat bergantung pada provider yang Anda gunakan.

6. Memilih jasa pengiriman barang yang tepat

Pilih lah jasa pengiriman yang tepat dan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir apakah barang tersebut akan sampai dalam kondisi yang baik atau tidak.

7. Strategi Endorse yang tepat

Ketika Anda ingin mempromosikan barang yang Anda jual dengan cara meng endorse artis, pilih lah artis yang tepat dan sesuai dengan target market Anda, bukan hanya karena jumlah followersnya saja, tapi juga peluang untuk Anda mendapatkan feedback yang sesuai.

8. Special Event/Give Away

Buatlah special event yang menawarkan potongan harga atau “Discount”, dan juga “Give Away” untuk menarik minat pelanggan Anda pada waktu-waktu tertentu. Contoh, saat mendekati hari hari besar seperti Lebaran, Natalan, Tahun Baru dan lain lain.

9. Testimonial

Usahakan untuk selalu menyediakan tempat khusus untuk testimonial yang dapat menampung kritik dan saran dari pelanggan Anda sendiri.

10. Pengelolaan keuangan yang baik

Kelola dan kontrol keuangan dari bisnis online Anda secara rutin setiap bulannya, agar Anda dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan dari online shop Anda. Mulai dari penanaman modal hingga balik modal dan juga menghasilkan keuntungan.

Penulis: Rana Putri Pradini.

Comment di sini