5 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

by
December 9th, 2014 at 11:50 am

CiriCara.com – Makanan merupakan sesuatu yang tak akan pernah lepas dari kehidupan manusia, bagaimanapun keadaan nya makanan tetap menjadi salah satu hal yang crucial, dan juga dapat menjadi salah satu media untuk memperkenalkan suatu ciri khas yang dimiliki oleh setiap masing-masing makanan.

soto ayam, soto ayam kuning, soto ayam kuah kuning

Soto Ayam – Ist

Dengan adanya ciri khas tersebut ternyata dapat membawa makanan-makanan tersebut sampai terkenal ke seluruh dunia, dan berikut adalah 5 makanan khas Indonesia yang terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar:

1. Soto, makanan khas Indonesia yang satu ini merupakan makanan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luar, karena rasa gurih dan kenikmatan yang dimilikinya sangat menarik untuk dicoba, makanan ini berbahan dasar kaldu daging yang dapat memanjakkan lidah setiap orang yang mencobanya. Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki masing-masing kreasi soto mereka, seperti soto Lamongan, soto Betawi, soto Madura dan masih banyak daerah lainnya.

2. Sate, dan ternyata sate menjadi salah satu makanan yang cukup dicari di negara luar, pada dasarnya sate berbahan dasar dari daging sapi atapun daging ayam, yang kemudian di potong kecil-kecil untuk nantinya ditusukkan kepada batang sate yang terbuat dari bambu, lalu dibakar di atas arang kayu. Cara penyajiannya adalah dengan menggunakan saus kacang dan kecap yang dilengkapi jeruk nipis untuk menambah rasa dari saus kacang dan taburan bawang goreng di atas sate tersebut.

3. Gado-gado, ini merupakan versi salad dari Indonesia yang hanya berdasarkan dari sayur-sayuran yang direbus seperti kol, kacang panjang, toge, labu, pare, kentang yang dipadu dengan tempe dan tahu yang dikombinasikan dengan bumbu kacang lalu ditaburkan di atasnya bawang goreng disajikan dengan krupuk.

4. Gudeg, siapa yang tidak tahu makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah ini? Gudeg yang berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan biasanya disajikan dengan nasi, daging serta telur. Rasanya yang gurih dan manis membuat orang-orang di luar negeri cukup menggemarinya.

5. Rendang, rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat mendunia, karena kelezatan yang dimiliki rendang berasal dari potongan daging sapi yang dimasak bersama santan dan dikombinasikan dengan bumbu-bumbu seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya sebagai penunjang rasa. Rendang yang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat ini sempat menjadi peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods yang digelar oleh CNN International pada tahun 2011.

Dengan adanya makanan-makanan khas Indonesia yang cukup terkenal di luar negeri, kita seharusnya berbangga dengan ciri khas yang dimiliki oleh kita sendiri yang ternyata ciri khas tersebut juga disukai oleh orang lain, dan juga dapat sebagai media sebagai penyatu antara orang Indonesia dan orang di luar Indonesia.

Penulis: Melvin

Comment di sini