Fakta-Fakta Unik Seputar Kentut

by
December 9th, 2014 at 8:57 am

CiriCara.com – Hei kamu kentut ya? Bau Tauuk!! Ya, begitulah jika diantara kita kedapatan kentut. Seperti maling yang sedang dihakimi masa. Berbicara masalah kentut ada beberapa fakta unik yang mungkin kalian semua tidak mengetahuinya. Apa saja itu? Simak baik-baik ya..

bau kentut

Kentut – Ist

1. Kentut berasal dari gas dalam usus, gas berasal dari udara yang kita telan. Gas tersebut dapat berupa gas yang menerobos dari darah ke usus, dari reaksi kimia dan dari bakteri dalam perut.

2. Sama halnya dengan makanan, kentut juga memiliki komposisi, komposisi kentut diantaranya nitrogen, karbondioksida, metana, dan hidrogen. Proporsi gas bergantung dengan apa yang kalian makan, banyaknya udara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, dan lamanya kita menahan kentut.

3. Semakin lama kita menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen. Karena gas-gas lainya terabsorbsi oleh darah melalui usus. Selain itu orang-oang yang sering makan tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigen. Oleh karena itu jangan sering-sering nahan kentut ya guys, udah keluarin aja. Tidak usah malu!!.

4. Kentut berbau busuk karena terdapat kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung belerang. Oleh karena itu semakin banyak kandungan sulfur (belerang) dalam makanan yang Anda makan maka semakin busuklah kentut Anda.

5. Telur dan daging mempunyai peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Dan kacang-kacangan berperan besar dalam memproduksi volume kentut. So, jika kalian ingin volume kentut yang besar dan menggelegar makan saja kacang-kacangan guys. Hehe.

6. Kentut menimbulkan bunyi karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Keras tidaknya bunyi yang dihasilkan bergantung pada tekanan dan lubang anus. Hehehe.

7. Rata-rata tubuh kita memproduksi setengah liter dalam 14 kali ketut dalam sehari.

8. Kenapa ada orang yang kentut SBD (Silent But Deadly)? Guys, salah satu sumber kentut adalah fermentasi bakteri dan proses memproduksi panas dalam proses pencernakan ditubuh kita. Efek samping dari proses tersebut adalah gas busuk dengan ukuran gelembung yang lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Hal inilah kemudian berproses menjadi kentut yang volumenya kecil tapi mematikan.

9. Kentut keluar dari dubur, kenapa tidak keluar melalui mulut? Guys, jika keluar melalui mulut itu namanya bukan kentut tapi sendawa. Hehehe.

10. Waktu yang diperlukan kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain bergantung pada kondisi udara, suhu, kecepatan, arah angin, berat molekus gas kentut, dan jarak antara pengentut dan hidung orang lain.

11. Kentut tidak ada kaitanya dengan gender. Laki-laki sering kentut dari pada wanita itu hanya mitos belaka. Kalaupun ada, berarti si perempuan menahan kentutnya.

12. Ada waktu-waktu tertentu biasanya orang kentut, seperti pagi hari di toilet atau biasa disebut morning thunder. Jika volumenya sedang bagus bisa kedengaran seisi rumah. Hehehe.

13. Kentut mengandung sedikit oksigen, maka besar kemungkinan Anda akan pusing jika sering mencium bau kentut (makanya bagi yang berhobi mencium bau kentut, sebaiknya Anda harus menguranginya hehehe).

14. Kentut tidak berwarna guys, oleh karena itu aman bagi kalian yang hobi kentut. Kan bahaya kalau kentut warnanya MEJIKUHIBINIU entar dikira pelangi lagi. Hahaha.

15. Kentut juga menjadi sarana pendamai bagi orang yang berseteru. Coba bayangin saja jika ada dua pasangan kekasih bertengkar hebat. Tiba-tiba salah satu diantaranya kentut. Pasti ketawa. Ndak percaya? Coba saja! Hehe.

Nah guys, itu tadi beberapa fakta unik tentang kentut. Semoga bermanfaat ya. Dan satu lagi, tidak usah takut untuk kentut. Udah kentutin saja. Dari pada kamu tahan, terus perut kembung ndak sembuh-sembuh, tambah berabe kan? Tubuh kita memiliki hak atas diri kita. So, jangan dolimi dia ya guys. Kentutlah selama masih bisa kentut. Karena kentut merupakan nikmat dari Sang Pencipta. Salam sehat.

Penulis: Dyla Aerchy

Comment di sini