Posisi Tidur Terbaik dan Terburuk Bagi Kesehatan

by
December 9th, 2014 at 11:23 am

CiriCara.com – Pernahkah Anda bangun tidur di pagi hari dengan sakit kepala, sakit punggung, dan sakit leher? Hal tersebut terjadi akibat posisi kita selama tidur. Saat tidur kita meletakkan beban pada bagian tubuh tertentu sehingga jika posisi tidur Anda salah akan terjadi banyak gangguan pada kesehatan.

tidur dengan wajah bersih / Ist

tidur / Ist

Berikut adalah tipe-tipe posisi tidur dari yang terbaik sampai yang paling buruk untuk kesehatan:

1. Posisi Telentang

Tidur telentang merupakan posisi paling baik karena posisi ini merupakan posisi netral untuk meluruskan tulang punggung, leher dan kepala sehingga tekanan yang diberikan tubuh kita terbagi-bagi dan tidak di tekankan kepada satu titik saja. Selain itu, posisi telentang juga sangat baik untuk menghindari jerawat serta mencegah keriput pada wajah.

2. Posisi Tidur Miring

Bagi Anda yang sering mendengkur saat tidur, posisi inilah yang paling tepat untuk Anda. Tetapi, tidur dalam posisi miring ke kanan akan berdampak buruk pada jantung. Sehingga miring ke sisi kiri lebih disarankan karena akan lebih baik untuk kesehatan serta baik untuk wanita yang sedang mengandung.

3. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap merupakan posisi yang baik bagi bayi, tapi tidak dianjurkan bagi orang dewasa. Pada posisi tengkurap tubuh kita banyak menaruh beban kepada perut dan dada sehingga akan berakibat buruk pada pernafasan, menimbulkan mati rasa, dan ketidaknyamanan. Posisi ini juga mengakibatkan timbulnya kerutan serta jerawat karena saat tidur tengkurap, wajah akan ditekankan kepada bantal sehingga terjadi pertumbuhan bakteri di wajah.

4. Posisi Tidur Seperti Bayi (Posisi Fetus)

Posisi ini merupakan yang terburuk dan sangat tidak dianjurkan. Walaupun tidur dalam posisi fetus sangat nyaman, tetapi tidur dengan posisi ini akan berdampak buruk bagi punggung dan leher. Khususnya bagi para wanita, posisi tidur bayi akan mengakibatkan payudara menjadi turun dan tidak kencang.

Posisi tidur dan kasur yang Anda gunakan sangat mempengaruhi kenyamanan tidur Anda. Pilihlah posisi tidur yang paling baik dan biasakan tidur dengan posisi tersebut selama minimal 8 jam setiap malam agar Anda dapat menjalani hari dengan lebih produktif di keesokan harinya.

Penulis: Gloria Theanaputri

Comment di sini