Tips Tidur Siang yang Efektif

by
December 9th, 2014 at 9:12 am

CiriCara.com – Sebagian orang beranggapan bahwa tidur siang adalah kerjaannya orang pemalas, serta kebiasaan orang mempunyai tulang yang rapuh atau keropos. Tetapi anggapan tersebut belumlah dianggap benar semuanya. Sebab setelah diteliti oleh para ahli luar, menyebutkan bahwa sekitar 40% dengan tidur siang selama kurang dari tujuh jam 2 atau 3 jam-an membuat badan bisa bugar kembali.

tidur siang

Tidur siang – Ist

Jadi, sangat masuk akal apabila orang untuk mencoba menambah jam tidurnya di siang hari. Diperbolehkanya tidur siang ini bukan saja dilakuan oleh perorangan saja, tetapi perusahaan sebesar Google pun menyarankan dari manajernya agar karyawanya melakukan tidur siang, demikian juga dengan perusahaan Ben & Jerry serta perusahaan otomotif agar melakukan yang sama yaitu tidur siang. Bahkan sekarang, beberapa kampus di universitas mancanegara menyediakan tempat atau kamar yang diperuntukan mahasiswa dan karyawan universitas tersebut untuk melakukan aktivitas tidur siangnya.

Mengantuk sebelum tidur merupakan hal yang wajar dan normal bagi setiap orang, sifat biologis ini bersifat internal tubuh yang bisa mengatur fisik dan mental, serta perubahan emosional dan sekaligus waktu untuk terjaga. Saat kita mengantuk terjadi pada siang hari sekitar jam 12.00-an seiring dengan datangnya malam.

Ada beberapa orang yang terbiasa mengantuk di sore hari. Ini biasanya terjadi di luar Indonesia karena mempunyai iklim dan cuaca yang berbeda seperti musim dingin, gugur dan sebagainya. Hasil survey menyebutkan bahwa tidur siang memiliki kemanfaatan yang cukup tinggi, seperti misalnya mempunyai kekuatan otak setelah tidur siang, daya ingat menjadi meningkat, dan sekaligus dapat terjaga lebih lama, tidur siangpun dapat membantu tubuh menjadi tidak cepat gemuk, sebab bila kita kekurangan jam tidur di siang hari maka akan menimbulkan rasa lapar sekali sehingga kita akan mengkonsumsi di luar porsi makan.

Cuaca saat ini mulai menunjukan perubahan, dari musim kemarau bulan lalu menjadi penghujan, bisakah kita akan memikirkan kapan waktu yang tepat untuk tidur siang?. Berikut penulis akan paparkan tentang tips yang bisa pembaca coba melakukan tidur siang yang efektif.

  • Pertengahan hari. Waktu yang tepat untuk tidur pada pertengahan hari dan diusahakan jangan tidur di atas jam 15.00. karena bila di atas jam tersebut maka akan mengganggu tidur pada malam hari.
  • Tidur secukupnya.Tidur secukupnya dalam artian, tidur siang yang lama bukan ide yang bagus, sebab efektifnya tidur siang hanya 15-25 menitan saja. Karena apabila tidur yang berlebihan di siang hari maka akan mengalami perasaan grogi bahkan pusing seperti penulis yang alami.
  • Berbaringlah di sofa. Rebahlah badan kita bila akan tidur siang hari di sofa, karena sofa tempat yang tidak terlalu nyaman. Sebab kalau nyaman bisa-bisa kita tidur seharian.
  • Sebelum tidur siang minum secangkir kopi. Rasanya aneh yah, bila kita melakukan hal seperti itu, tapi menurut penelitian bahwa sebelum tidur siang minum kopi terdahulu akan mengakibatkan efek lelap, kelelapan tersebut disebabkan efek kafein.

Tips tidur siang yang efektif, semoga bermanfaat bagi yang menyukai tidur siang.

Penulis: MasArif

Comment di sini