Cara Ampuh Mengupas Bawang Putih

by
December 10th, 2014 at 10:16 am

CiriCara.com – Bawang putih merupakan bahan yang membuat hampir semua makanan terasa lebih nikmat. Bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ini banyak digunakan khususnya untuk masakan khas Asia. Tetapi mengupas bawang putih adalah hal yang dihindari semua orang karena lapisannya yang banyak sehingga mengupas kulit bawang dianggap sebagai hal yang sulit.

bawang putih

Mengupas bawang putih – Ist

Namun ada tiga cara ampuh yang pastinya akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah:

1. Teknik Shake

Dalam teknik ini Anda hanya akan memerlukan sebuah toples, atau kotak makan. Langkah pertama yaitu masukkan satu bongkah bawang putih ke dalam tempat yang sudah Anda sediakan. Setelah toples ditutup, guncangkan dan kocok toples yang berisi bawang selama kurang-lebih 30 detik. Dan dalam sekejap, kulit lapisan bawang akan mengelupas dengan sendirinya dan bawang pun siap digunakan untuk memasak.

2. Teknik Cobek

Teknik kedua yang tidak kalah simple-nya dengan teknik pertama adalah menggunakan cobek serta ulekan. Cobek dan ulekan adalah alat dapur tradisional yang pasti dimiliki semua keluarga di rumahnya. Biasanya cobek dan ulekan digunakan untuk membuat sambal dan menghaluskan bumbu-bumbu. Tetapi ternyata cobek juga dapat berfungsi untuk membuka lapisan kulit bawang putih dengan mudah.

Setelah Anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan yaitu ulekan dan cobek beserta bawang yang akan Anda gunakan, tekan dan pukul bawang tersebut menggunakan ulekan. Proses tersebut akan mengakibatkan kulit bawang terkelupas dengan mudah sehingga bawang dapat langsung digunakan. Tips tambahan, selagi Anda melakukan teknik ini sebaiknya cobek diletakkan di atas sebuah kain atau lap bersih sehingga cobek tidak akan mudah bergeser tempat.

3. Teknik Memanaskan

Cara terakhir untuk mengupas bawang putih adalah dengan menggunakan energi panas. Ada dua sumber penghasil panas untuk melakukan teknik ini. Yang pertama adalah menggunakan microwave, caranya sangat mudah yaitu Anda cukup meletakan bawang yang ingin Anda gunakan di dalam sebuah mangkok atau piring yang tahan panas, dan masukkan ke dalam microwave selama minimal 15 detik. Setelah keluar dari microwave, bawang tersebut akan sangat mudah dikupas kulitnya.

Bagi Anda yang tidak memiliki microwave tidak usah kuatir, ada cara lain untuk menggunakan teknik panas ini yaitu dengan menggunakan wajan dan kompor. Cukup letakan bawang di atas wajan dan nyalakan kompor dengan api sedang selama kurang lebih 30 detik sambil sesekali membalik bawang yang dipanaskan. Setelah itu kulit bawang akan mengelupas dan dapat dibuang dengan mudahnya.

Demikian tiga teknik mengupas kulit bawang dengan peralatan sehari-hari di rumah. Sangat mudah bukan?

Penulis: Gloria Theanaputri.

Comment di sini