Teknologi Motor Injeksi Lebih Hemat Bahan Bakar

by
December 10th, 2014 at 10:02 am

CiriCara.com – Semakin berkembangnya zaman, manusia tak henti-hentinya berinovasi dalam mengembangkan teknologi yang sudah ada untuk memberikan kelebihan-kelebihan yang dapat ditawarkan kepada para konsumen. Dalam dunia otomotif khususnya kendaraan roda dua, setiap pabrikan mulai berlomba-lomba untuk memberikan banyak fitur-fitur yang dapat ditawarkan kepada konsumen, salah satunya merupakan sistem pengabutan atau pembakaran.

motor injeksi

Yamaha Mio J (motor injeksi) – Ist/Merdeka

Kini sistem pembakaran dari kendaraan roda dua telah beralih dari karburator kepada Injeksi, yang dimana sistem pembakaran ini dapat memberikan banyak kelebihan tidak hanya kepada penggunanya tetapi kepada lingkungan juga. Nah bagi kalian yang pensaran apa saja kelebihan dari Injeksi dan juga yang belum menggunakan kendaraan Injeksi, mari kita lihat apa saja kelebihan-kelebihan tersebut:

1. Hemat bahan bakar, ternyata dengan menggunakan sistem Injeksi dapat menghemat bahan bakar dibandingkan dengan karburator. Pada sistem Injeksi terdapat ECU (Engine Control Unit) yang bisa mengontrol volume penyemprotan bensin ke dalam ruang bakar secara akurat. Dengan adanya kontrol dari ECU, campuran udara dan bensin akan selalu presisi pada setiap putaran mesin.

2. Ramah lingkungan, karena pembakaran yang dibantu oleh sensor yang ada pada injeksi membuat pembakaran sempurna dan irit sehingga dapat meminimalisir sisa bahan-bahan berbahaya yang keluar melalui gas buang. Untuk knalpot motor-motor injeksi biasanya juga sudah dilengkapi dengan Catalytcs Converter (CC) yang dapat merubah hasil pembakaran menjadi lebih baik.

3. Perawatan mudah dilakukan, sistem Injeksi lebih mudah dirawat dibandingkan Karburator, cukup menyemprotkan “Injection Cleaner” kepada komponen Injektor untuk membersihkannya tanpa harus membongkar Injektor tersebut.

4. Tidak perlu menggunakan cok (Choke), dengan menggunakan sistem Injeksi maka sensor temperatur yang akan melaporkan kepada suhu mesin kepada ECM (Engine Control Module) untuk memperkaya debit bensin di saat suhu mesin masih dingin.

5. Mesin lebih bertenaga dan reponsif, pembakaran yang sempurna dapat membuat tenaga yang dikeluarkan mesin lebih responsif dan bertenaga tetapi tetap irit. Dekatnya penempatan antara Injektor dengan silinder yang menyebabkan penyemburan bensin lebih cepat.

Hal yang perlu diingat dalam menggunakan sistem Injeksi ini adalah untuk tetap mengecek tangki bensin, karena dianjurkan untuk kendaraan roda dua yang menggunakan sistem Injeksi untuk tidak mengisi tangki bensin di saat kendaraan dalam kondisi tangki yang kosong, karena dapat menghambat kerja Injeksi yang disebabkan oleh kotoran-kotoran terserap oleh Injeksi.

Penulis: Melvin

Comment di sini