5 Cara Mudah Hindari Stres

by
December 11th, 2014 at 11:15 am

CiriCara.com – Kehidupan masyarakat perkotaan metropolitan sarat akan jadwal hidup yang padat. Hampir setiap hari masyarakat melakukan rutinitas yang sama. Bangun di pagi hari, pergi ke tempat kerja dengan kemacetan, dan juga pulang dengan kemacetan.

Cara agar bahagia sepanjang waktu

Cara hindari stres / Thinkstock

Sudah tidak ada banyak waktu lagi untuk bercengkrama dengan keluarga ataupun kerabat. Kebanyakan masyarakat menghabiskan waktu yang tersisa untuk beristirahat dan akan kembali bangun untuk bersiap diri keesokkan harinya. Rutinitas ini seakan menjadi rantai aktivitas yang monoton dan tidak pernah putus kecuali pada akhir pekan.

Pada saat menghadapi aktivitas yang monoton, bukan tidak mungkin seseorang merasa bosan, putus asa, hingga stres. Seperti yang telah disebutkan, salah satu dari perasaan yang muncul akibat akitivitas yang monoton adalah stres. Berikut adalah 5 cara mudah untuk menghidari stres akibat penatnya aktivitas yang monoton:

1. Olahraga Teratur

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien sehingga faktor terbentuknya stres dari dalam diri terhindar.

2. Mengkonsumsi Teh Hitam

Menurut penelitian Universitas College London, minum teh hitam dapat menurunkan hormone stress (kortisol) yang muncul ketika seseorang mengalami stres. Pada penelitian tersebut, subyek yang telah minum 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan kelompok biasa.

3. Melakukan Hobi

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Hobi dapat dilakukan ketika akhir pekan datang dengan kerabat, keluarga, atau hanya diri sendiri. Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan. Dengan begitu Anda dapat mengistirahatkan pikiran Anda lewat hobi yang dijalankan setiap akhir pekan.

4. Meditasi

Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang paling baik. Saat Anda mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalin memompa hormon-hormon stres. Selama Anda melakukan meditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan menjadi tenang, dan tingkat hormon stres menurun.

5.  Mengkonsumsi Cokelat

Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood karena coklat mengandung molekul psikoaktif yang membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

Penulis: Rehulina Cita

Comment di sini