3 Hal Penting dalam Merekrut Anggota Organisasi

by
December 15th, 2014 at 8:54 am

CiriCara.com – Keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi tentu tidak luput dari peran anggota organisasi. Merekalah yang berperan dan mengelola organisasi ini, sehingga keberlangsungan organisasi sangat dipengaruhi oleh anggota organisasinya bukan hanya pada ketua atau Badan Pengurus Harian saja.

Beri alasan / Ist

Merekrut pekerja / Ist

Namun, dalam perekrutan anggota organisasi perlu dipertimbangkan beberapa hal agar tidak salah memilih anggota organisasi. Berikut beberapa hal penting mengenai perekrutan anggota organisasi:

1. Loyalitas

Loyalitas atau kesetiaan sangat penting dalam perekrutan anggota organisasi. Salah satu faktor terpenting tentang keberhasilan suatu organisasi adalah memiliki anggota organisai yang loyal atau setia. Jika anggota organisasi loyal, maka mereka tentu akan membela dan mempertahankan organisasi dalam semua kondisi. Mereka tidak akan meninggalkan organisasi sekalipun itu dalam masa terpuruk sekalipun.

2. Komitmen

Komitmen identik dengan janji. Setiap orang yang mempunyai komitmen akan melakukan sesuatu dengan serius. Mereka akan mencoba berbagai hal agar tujuan mereka dapat tercapai karena hal tersebut tidak mungkin mereka ingkari. Orang yang mempunyai komitmen yang kuat akan merasa malu bila tujuan mereka tidak tercapai.

3. Integritas

Setiap orang harus memiliki integritas. Integritas adalah modal awal seseorang agar dapat dipercaya oleh orang lain. Orang yang memiliki integritas akan melakukan semuanya dengan baik. Ia akan berlaku sesuai aturan dan profesional. Semua hal yang dikerjakannya akan dilakukan semaksimal mungkin dan tentu memperhatikan norma dan aturan yang berlaku.

Mereka tidak akan berlaku seenaknya dan akan saling menghormati kepada orang lain. Biasanya hasil pekerjaan yang mereka lakukan juga akan memiliki nilai yang profesional dan yang terbaik yang ia lakukan. Mereka yang mempunyai sifat ini akan sangat disenangi dan dihargai oleh orang sekitar karena mereka mempunyai wibawa.

Nah, sudah tau kan hal penting yang perlu dimiliki oleh anggota organisasi? Pilihlah anggota organisasi dengan sifat-sifat tersebut. Anda mungkin dapat menilainya melalui jalur tes interview dengan beberap pertanyaan yang mengacu pada ketiga hal tersebut atau juga bisa dengan melihat pengalaman organisasi calon anggota organisasi melalui CV yang diberikan oleh orang tersebut.

Demikianlah pemaparan tersebut, semoga bermanfaat dan meningkatkan kinerja organisasi Anda.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini