3 Makanan Pengobat Sakit Maag

by
December 15th, 2014 at 4:37 pm

CiriCara.com – Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya dan ibu saya sendiri yang sudah mempunyai penyakit maag yang cukup kronis serta berdasarkan pengalaman dan saran dari beberapa orang kepada kami. Maag memang salah satu penyakit yang mudah muncul, sering dianggap enteng namun bila diabaikan bisa menyebabkan hal yang cukup parah.

sakit maag

Sakit Maag – Ist

Apabila lambung sudah mengalami peradangan yang cukup parah, maka akan timbul yang disebut ulkus atau tukak lambung. Hal ini membuat perut jadi sangat sensitif terhadap makanan yang diterimanya. Bagi Anda penderita maag dan mungkin sudah lelah dari segala macam obat, mungkin Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan berikut secara rutin dan berkala.

1. Kunyit

Mungkin kalau mendengar kata kunyit Anda hanya berpikir bahwa itu adalah semacam bumbu dapur atau salah satu menu pokok dalam meminum jamu. Tapi tahu kah Anda kunyit mempunyai salah satu manfaat lainnya dalam memgobati penyakit maag. Getah kunyit ternyata dapat membantu melapisi bagian lambung yang luka. Jika dikonsumsi secara rutin, maka perlahan nyeri pada lambung akan hilang namun mungkin dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Kulit Manggis

Manfaat tentang kulit manggis memang sedang tenar dibicarakan. Banyak yang mengkonsumsinya dengan cara diminum sarinya dengan cara penyajian seperti teh, makan sarinya dalam bentuk pil obat dan lain sebagainya. Namun, cara lain yang cukup ampuh adalah dengan mengkonsumsinya bersama dengan ampasnya. Kulit manggis bisa dicuci bersih, lalu direbus sampai matang lalu diblender dan minum beserta ampasnya. Dapatkan hasiatnya setelah beberapa kali minum secara rutin. Namun, konsumsi dengan cara seperti ini memang mendapatkan rasa yang cukup pahit dan pekat.

3. Ubi Kayu

Ubi kayu juga salah satu jenis makanan yang dapat mengobati penyakit maag. Getah pada bagian antara kulit dan bagian dalam ubi ternyata dapat melapisi lambung dari lukanya. Cara konsumsinya pun cukup sederhana. Anda dapat mengkonsumsi ubi yang cukup tua dengan cara direbus atau Anda dapat mengkonsumsi ubi yang berukuran kecil dan muda dan mengkonsumsinya secara mentah. Tentunya dengan dicuci menggunakan air masak terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka pada lambung (maag). Selain itu diharapkan jaga pola makan, pola tidur, dan hati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini