Mahkota Dewa: Buah Beracun yang Bisa Sembuhkan Penyakit

by
December 15th, 2014 at 11:46 am

CiriCara.com – Mahkota Dewa (Phaleria macrocapa) adalah tanaman yang berasal dari bagian Timur Indonesia (Papua). Mahkota Dewa juga memiliki berbagai nama berbeda di setiap daerah. Seperti buah Simalakama yang sering kita dengar, adalah merupakan sebutan lain dari buah Makhota Dewa tersebut. Diketahui memiliki racun di beberapa bagian nya, seperti pada daun, dan juga biji. Efek kantuk berlebihan sampai dapat memabukkan dapat terjadi dalam pengkonsumsian buah Mahkota Dewa tersebut, mulai dari daun yang dapat menyebabkan kantuk dan airnya yang dapat ‘memabukkan’.

buah mahkota dewa

Buah mahkota dewa – Ist

Kulit serta daging buah Mahkota Dewa pun tak boleh dikonsumsi sembarangan, karena dapat menyebabkan mual, sakit perut, muntah dan sariawan. Biji Mahkota Dewa dipercaya adalah bagian dari buah yang memiliki kandungan racun paling tinggi, karena apabila biji Makhota Dewa tergigit, maka akan membuat demam, lidah kaku hingga mati rasa, maka tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi biji Mahkota Dewa tersebut. Dibalik kandungan racun yang terdapat pada buah mahkota dewa, ‘Crown of God’ juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Kandungan zat aktif yang terdapat di dalam buah Mahkota Dewa juga memiliki beberapa khasiat, seperti alkaloid yang bersifat detoksifikasi, saponin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolestrol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi kadar gula darah, serta meningkatkan vitalitas, flavonoid untuk dapa mengurangi penimbunan lemak di dinding pembuluh darah, melancarkan peredaran darah,  serta menjadi anti oksidan dan anti radang, polifenol untuk anti alergi.

Kulit serta daging buah Mahkota Dewa ini juga memiliki khasiat lain, seperti dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti penyakit kulit, dengan mengeringkan dan mensangrai biji buah sampai gosong lalu ditumbuk sampai halus dan dioleskan ke bagian kulit yang sakit. Pengeringan pada buah Mahkota Dewa sangat dianjurkan, untuk mengurangi kandungan air yang ada pada buah mahkota dewa tersebut.

Kini tanaman buah Mahkota Dewa telah dikenal sebagai salah satu obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti gatal-gatal, diabetes, tumor, kanker, jerawat, eksim, leukemia, disentri, lemah syahwat, hepatitis dll. Tanaman ini memang baik bagi kesehatan, bagaimanapun penggunaannya harus mengikuti anjuran yang sesuai dan tidak sembarangan.

Penulis: Vyrana Hendrastuti

Comment di sini