5 Langkah Mencegah Stress

by
December 16th, 2014 at 2:39 pm

CiriCara.com – Tekanan adalah suatu kenyataan dalam hidup. Terkadang tekanan dapat menjadi sesuatu yang baik karena dapat memotivasi kita untuk dapat menyelesaikan suatu hal yang tidak seharusnya kita kerjakan bahkan melebihi dari apa yang dapat kita pikirkan.

stres berkurang / Ist

stres berkurang / Ist

Namun, tekanan yang terlalu banyak atau terus menerus juga tentu dapat merusak tubuh baik secara fisik maupun emosional. Maka dari itu cara kita mengatur tekanan tersebut akan mempengaruhi keadaan kita baik ke arah yang lebih baik maupun sebaliknya. Berikut beberapa cara untuk mengontrol tekanan agar Anda terhindar dari stress.

1. Jangan menunda pekerjaan

Menunggu hingga batas waktu terakhir dan terburu-buru dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan akan meningkatkan tekanan dan membuat Anda menjadi kesulitan dalam memberikan hasil yang maksimal. Atur jadwal Anda dengan membuat perincian prioritas yang harus segera dikerjakan dan tidak. Buat deadline untuk diri sendiri agar Anda terbiasa untuk bertanggung jawab pada waktu.

2. Jangan menyimpan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat seperti terlalu banyak menimbun gula, lemak, alkohol, kafein, dan tembakau akan mempengaruhi kondisi tubuh sehingga sulit untuknya dalam mengatasi tekanan yang datang. Dalam keadaan stress tubuh cenderung menginginkan makanan manis, kafein, atau alkohol padahal hal-hal tersebut hanya memberikan “kenyamanan” yang sebentar dan justru merusak tubuh dalam jangka waktu lama.

Banyak mengonsumsi makanan berserat seperti sayur, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya justru akan memberikan keuntungan besar bagi tubuh. Selain itu pentingnya waktu tidur dan olahraga secara rutin akan membantu mengurangi stress.

3. Jangan mengabaikan tubuh kita

Buatlah sebuah kebiasaan untuk melakukan hal-hal yang paling Anda sukai. Cara ini akan membuat Anda menjadi lebih santai dan lebih bahagia. Membaca buku bagus, mengunjungi tempat wisata, atau berkumpul dengan teman-teman misalnya, bukan justru terus memaksa tubuh yang stres/lelah untuk terus mengerjakan tugas. Kuncinya adalah memberikan sedikit waktu untuk tubuh beristirahat akan membuat Anda lebih baik dalam menghadapi tantangan-tantangan berikutnya.

4. Berani berkata “Tidak”

Belajarlah untuk berkata tidak ketika Anda dimintai bantuan untuk mengerjakan sesuatu yang dapat membuat Anda terbebani tanggung jawab terlalu banyak. Namun bila Anda sudah terlanjur membuat janji untuk mengambil tanggung jawab, cobalah untuk mulai menyerahkannya kepada orang lain yang Anda cukup percaya dapat mengerjakannya. Ada banyak hal yang dapat dikerjakan oleh orang lain untuk membantu pekerjaan Anda agar tidak berada di bawah tekanan. Anda tidak perlu selalu mengerjakan semuanya sendiri. Biarkan orang lain untuk membantu Anda.

5. Jangan mengabaikan hubungan Anda

Lingkungan sosial yang saling mendukung akan memberikan kesempatan untuk berbagi kesulitan dan kekecewaan serta menerima saran dan dorongan. Ceritakan pasangan, keluarga atau teman mengenai masalah yang sedang Anda hadapi dan minta mereka untuk mendorong Anda keluar dari masalah tersebut. Terkadang memiliki seseorang yang peka terhadap keadaan Anda akan sangat menguntungkan karena setidaknya Anda tidak merasa menjalani hidup sendirian.

Penulis: Irene Subrata

Comment di sini